Menuju Swasembada

Pangan 2017

Kementerian Pertanian Republik Indonesia bertekad untuk mewujudkan pertanian industrial unggul berkelanjutan berbasis sumber daya lokal demi meningkatkan kemandirian pangan, ekspor dan kesejahteraan petani.

KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO - Menko Perekonomian Hatta Rajasa
Kamis, 17 Oktober 2013

Target Swasembada Pangan, Pemerintah Upayakan Perluasan Lahan


JAKARTA, KOMPAS.com - Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, pemerintah akan melakukan perluasan lahan, sebagai upaya untuk mencapai swasembada pangan.

"Untuk lahan-lahan seperti kehutanan sudah melepas lahan sekitar 307.000 hektar di Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Tadi kita sudah bahas bersama dua gubernur terkait," kata Hatta di kantornya, Rabu (16/10/2013).

Hatta menjelaskan, dari data yang diperoleh diketahui 70.000 hektar di Kalteng tak cocok untuk pertanian, namun cocok untuk keperluan bahan pokok lain. "Yang sudah cocok segera BUMN dan masyarakat yang mengerjakan itu," katanya.

Karena terbatasnya lahan, Hatta mengatakan, diperlukan setidaknya tambahan 2 juta lahan baru untuk pertanian. Saat ini kemampuan untuk menambah lahan hanya sekitar 40.000 hingga 50.000 hektar lahan, sementara yang terkonversi lebih dari itu.

"Jadi sesungguhnya lahan pertanian kita menyempit. Berkurang karena terjadi alih fungsi, terutama di Pulau Jawa," ucap Hatta.

Oleh karena itu, lanjut Hatta, pemerintah akan melakukan ekstensifikasi dan intensifikasi lahan. Ekstensifikasi berpeluang dilakukan di luar Pulau Jawa, sementara intensifikasi dilakukan di Pulau Jawa. "Di Jawa Timur akan ada perluasan sekitar 30.000 hektar di Bojonegoro dan Lamongan," ujarnya.