Menuju Swasembada

Pangan 2017

Kementerian Pertanian Republik Indonesia bertekad untuk mewujudkan pertanian industrial unggul berkelanjutan berbasis sumber daya lokal demi meningkatkan kemandirian pangan, ekspor dan kesejahteraan petani.

KOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZES - Buruh pikul mengemas beras di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.
Rabu, 30 Oktober 2013

Diversifikasi Pangan Menjadi Penting


PADANG, KOMPAS.com - Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Rusman Heriawan mengatakan diversifikasi pangan penting dilaksanakan lantaran selama ini konsumsi pangan bersifat monokultur.

Menurutnya, penganekaragaman pangan menjadi penting. "Sedikit-sedikit beras, sedikit-sedikit nasi. Kalau tidak makan nasi belum makan," kata Rusman saat meninjau lokasi acara Peringatan Hari Pangan Sedunia di Padang, Rabu (30/10/2013).

Rusman menjelaskan, dulu ada kearifan lokal di beberapa daerah seperti Papua dan Nusa Tenggara Timur di mana masyarakat mengkonsumsi jagung dan sagu. Namun, saat ini masyarakat di daerah tersebut malah mengkonsumsi nasi.

Rusman mengaku saat ini kondisi masih bisa mengimbangi produksi beras untuk memenuhi kebutuhan. Sebagai buktinya, lanjutnya, tahun ini pemerintah tidak melakukan importasi beras. "Artinya kita masih bisa mengimbangi, kita masih swasembada," ujarnya.

Meskipun demikian, kekhawatiran akan kecukupan pasokan beras akan terjadi bila suatu saat penduduk terus berkembang dan jumlah masyarakat golongan menengah terus meningkat.

"Kebutuhan beras semakin banyak. Kita khawatir juga suatu ketika produksi beras kita tidak bisa mengimbangi itu," ungkap Rusman.

Oleh karenanya, tema diversifikasi pangan menurut Rusman akan selalu relevan. Masyarakat jangan hanya bergantung pada beras sebagai sumber karbohidrat karena sesungguhnya terdapat sumber karbohidrat lain yang dapat dikonsumsi.

"Janganlah bergantung pada produk beras karena masih banyak produk karbohidrat lain sesungguhnya, baik yang bersifat nasional maupun yang kearifan lokal yang masih bisa kita kembangkan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat," ujarnya.