Menuju Swasembada

Pangan 2017

Kementerian Pertanian Republik Indonesia bertekad untuk mewujudkan pertanian industrial unggul berkelanjutan berbasis sumber daya lokal demi meningkatkan kemandirian pangan, ekspor dan kesejahteraan petani.

SHUTTERSTOCK - Ilustrasi
Kamis, 31 Oktober 2013

FAO Apresiasi Pemerintah Berantas Kelaparan, tetapi...


PADANG, KOMPAS.com
Organisasi

Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) mengapresiasi upaya Pemerintah Indonesia dalam memberantas kelaparan, yang merupakan salah satu satu butir yang terdapat dalam Tujuan Pembangunan Milenium atau Millenium Development Goals.

Meski demikian, Kepala Perwakilan FAO di Indonesia, Dr Mustafa Imir, menyatakan, masih ada masalah lain yang harus ditangani oleh pemerintah. "Indonesia telah mencapai butir pertama Tujuan Pembangunan Milenium, yaitu mengurangi jumlah penduduk kelaparan sebanyak setengahnya sebelum tahun 2015," kata Mustafa dalam sambutannya pada Peringatan Hari Pangan Sedunia di Padang, Kamis (31/10/2013).

Mustafa mengatakan, ketahanan pangan telah menjadi daftar prioritas dalam kebijakan Pemerintah Indonesia. Menurutnya, Indonesia memang tengah melakukan upaya untuk memberantas kelaparan, ketidaktahanan pangan, dan gizi buruk.

Namun, menurut Mustafa, upaya-upaya tersebut dirasa masih belum cukup untuk mempertahankan pangan dan memberantas kelaparan serta gizi buruk. Masih ada masalah-masalah lain yang harus ditangani pemerintah dengan tepat.

"Kekerdilan pada anak, besarnya jumlah absolut penduduk kelaparan, meningkatnya jumlah penduduk yang kelebihan berat badan di hampir semua rentang usia, dan bahkan obesitas juga menjadi masalah serius yang harus ditangani secara tepat," kata Mustafa.