Advertorial

Belajar Bikin Film dalam Sehari? Bisa!

Kompas.com - 04/06/2015, 08:29 WIB

Memperkaya wawasan di dunia sinematografi bagi bakal calon sineas kembali diwujudkan oleh LA Indie Movie dalam programnya bertajuk “Movie Day Out”. Acara yang melibatkan para jagoan perfilman tanah air dalam berbagi ilmu sekaligus pengalaman dalam pembuatan film berlangsung di dua kota, yaitu di Yogyakarta (27 Mei 2015) dan Jakarta (4 Juni 2015).

Sebelumnya, Movie Day Out yang digelar seharian di Gedung Mandala Bhakti Wanitatama, Yogyakarta berhasil membuat para pesertanya semakin antusias untuk membuat film. Sepertinya tujuan salah satu official acara Ita Sembiring untuk mendukung, memberi kesempatan, dan membuat  LA Indie Movie sebagai media generasi muda berkarya mulai terlihat hasilnya, tercermin dari antusiasme peserta yang besar.

“Yang terjadi saat ini justru hasrat berkarya dengan penuh kreativitas terus meningkat, dibarengi kualitas prima, tapi masih saja terbatas dalam menembus jaringan bioskop. Apalah artinya karya tanpa wadah bereskpresi dan sepi penikmat,” ujar Ita Sembiring.

Antusiasme peserta sejak awal sudah terlihat dari panjangnya antrian peserta di venue saat melakukan registrasi, padahal waktu baru menunjukkan pukul 09.00 WIB. Saat registrasi peserta diminta untuk menuliskan pilihan minatnya antara: Directing, Acting, Film Scoring, Film Editing, Script Writing, DOP & Lighting, dan Make-up Effect untuk pembagian Experience Class di sore harinya. Beberapa peserta sudah menentukan sejak awal pilihannya, tapi ada juga yang masih tampak bingung memilih.

Acara dibuka oleh Ita Sembiring dengan memperkenalkan pembicara Movie Day Out hari itu, diantaranya Anggy Umbara, Titi Rajo Bintang, Kusen Donny, Monodzky, Barry Likumahuwa dan Mr. Kocom. Peserta hadir begitu antusias ketika Anggy Umbara menyampaikan presentasi mengenai penyutradaraan. Peserta juga semangat berdiskusi tanya-jawab dengan Titi Rajo Bintang yang menjadi pembicara kedua.

Setelah makan siang, workshop dilanjutkan dengan materi editing film oleh Kusen Donny dan DOP (Director of Photography) oleh Monodzky. Workshop semakin meriah oleh penyampaian Mr. Kocom yang lucu. Sambil bercerita tentang pengalamannya di bidang Make-up effect, Mr. Kocom membuat peserta terbahak-bahak karena cara bertuturnya yang sangat unik.

Acara workshop ditutup dengan materi music scoring oleh Barry Likumahuwa yang juga membawa bass dan alat-alat musik sederhana untuk mendukung presentasinya. Barry menjelaskan kepada peserta, bahwa meskipun hanya dengan alat sederhana dan konsep sederhana, kita bisa membuat music scoring untuk film dengan baik. Tentu saja dengan menyesuaikan alur cerita filmnya.

Selesai acara workshop, para peserta membentuk grup dengan masing-masing terdiri dari 10 orang. Grup ini nantinya harus mengajukan konsep film untuk berpartisipasi di Movie Camp. Nantinya mereka akan diberikan pendanaan sebesar lima belas juta rupiah untuk membuat film indie mereka sendiri.

Acara yang ditunggu-tunggu peserta pun tiba, peserta begitu antusias mengikuti Experience Class sesuai minatnya masing-masing dari para ahli secara lebih dekat. Saking antusiasnya, peserta dan para mentor sampai lupa kalau waktu sudah menjelang magrib dan Experience Class pun diakhiri.

Kemudian acara dilanjutkan dengan syuting simulasi film indie oleh para volunteer. Beberapa dari peserta Movie Day Out ini mencoba untuk membuat film, serunya, dalam proses pembuatan  mereka  didampingi oleh Anggy Umbara sebagai mentornya. Ada yang jadi pemeran, sutradara, cameraman, dan lain-lain. Akhirnya setelah seharian belajar bagaimana membuat film, acara ditutup dengan pengumunan pemberian doorprize uang tunai Rp 200.000 untuk peserta yang beruntung.

Walau acara LA Indie Movie “Movie Day Out” di Yogyakarta ini sudah berakhir, tapi ilmu yang didapat peserta dari para pakar perfilmna selama acara ini memberi manfaat sekaligus pengalaman berharga.

LA Indie Movie berikutnya akan digelar di Rolling Stones Cafe, Jakarta pada 4 Juni mendatang. Bagi kamu para penggemar Chelsea Islan tentu acara ini semakin tak boleh dilewatkan. Para peserta bisa bertemu dan ngobrol langsung dengan artis cantik satu ini, Chelsea akan hadir sebagai salah satu pembicara.

Want to learn how to make a movie in one day? LA Indie Movie “Movie Day Out” is the answer! :D (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com