Advertorial

FWD Life Indonesia Resmikan Kantor Pemasaran di Semarang

Kompas.com - 11/06/2015, 15:38 WIB

Guna memperluas akses dan memberikan fasiitas layanan asuransi jiwa untuk masyarakat di Jawa Tengah, PT Finansial Wiramitra Danadyaksa (FWD Life Indonesia) hari Kamis lalu (11/6/2015) secara resmi mengoperasikan kantor pemasaran di Semarang yang menempati lantai tiga Gedung Sucofindo, Jl. Pemuda No 171, Semarang. Pengoperasian kantor pemasaran di Semarang ini merupakan kantor pemasaran ketiga, setelah Jakarta dan Surabaya.

Menurut Chief Agency Officer FWD Life Indonesia, Hendra Thanwijaya, pengoperasian kantor pemasaran terbaru di Semarang ini merupakan salah satu strategi pengembangan bisnis, melalui ekspansi secara geografis guna ;memperluas jangkauan distribusi.

Dipilihnya Semarang sebagai kota ketiga target penetrasi FWD Life Indonesia karena menurut data riset Boston Counsulting Group (BCG) jumlah konsumen kelas menengah ke atas di Semarang diprediksi akan terus meningkat hingga lebih dari 1 juta jiwa ditahun 2020.

"Semarang ini satu dari 66 kota utama di Indonesia dengan jumlah kelas menengah yang terus meningkat. Kita akan memaksimalkan peluang dan potensi pasar ini dengan menyediakan berbagai produk dan layanan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Jawa Tengah," kata Hendra dalam sambutannya.

Selain potensi pasar yang menjanjikan, jelas Hendra, Semarang juga didukung oleh populasi masyarakat berpendidikan tinggi yang sangat besar, sehingga memberikan kesempatan FWD life Indonesia untuk memanfaatkan bakat-bakat lokal Semarang dan Jawa Tengah.

"Saat ini kami telah meng-hire lebih dari 200 agen yang berlisensi dan siap menarik calon nasabah terutama dari kelas menengah produktif, yang memiliki potensi kebutuhan yang lebih besar akan asuransi," ujar Hendra.

Hedra mengungkapkan, secara umum Jawa Tengah juga memiliki karakteristik wilayah yang menarik. Data Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Kependudukan Pemprov Jawa Tengah tahun 2013 menyebutkan, populasi diwilayah ini mencapai lebih dari 34.7 juta jiwa yang memiliki mata pencaharian pertanian, perdagangan, industri dan jasa. Sementara penduduk usia kerja di Semarang data BPS menujunjukkan peningkatan, menyentuh angka 25.18 juta pada Agustus 2014 lalu. 

"FWD akan mengutamakan pendekatan yang mengutamakan kebutuhan nasabah, didukung strategi 3D (three strategic differentiatiors)," jelasnya.

Strategi 3D tersebut meliputi, pertama –inovasiyang dikembangkan berdasarkan kebutuhan.

Prosesi

Pengoperasian kantor pemasaran FWD Life Indonesia cabang Semarang ditandai dengan kegiatan bertajuk unstoppable Semarang, yakni longmarch ratusan atlet dan anggota club lari Semarang dari Hotel Dafam, Jl. Imam Bonjol No 188 Semarang menuju Gedung Sucofindo di Jl. Pemuda No 171, Semarang. Ratusan orang berbaju orange ini berjalan sejauh 500 meter dengan diiringi marchingband.  Di Semarang, Jawa Tengah tepatnya meluncurkan jalur distribusi asuransi melalui teknologi berbasis sistem online (e-commerce) yang dinamakan iFWD Liberate.

"Jalur distribusi online ini menawarkan dua produk asuransi handal, yaitu Bebas Aksi yang merupakan produk asuransi perlindungan kecelakaan (personal accident) dan Bebas Rencana produk asuransi berjangka (term life)," ungkap Presiden Direktur FWD Life Indonesia, Rudi Kamdani, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis (4/6/2015).

Rudi menjelaskan, tujuan diluncurkannya iFWD Liberate adalah memberikan kemudahan akses bagi masyarakat untuk membeli produk asuransi dalam hitungan menit. Inovasi ini merupakan langkah untuk membantu meningkatkan penetrasi asuransi di Indonesia dengan mengubah cara pandang masyarakat terhadap asuransi.

"Kami menyadari bahwa salah satu penyebab rendahnya penetrasi asuransi di Indonesia adalah pandangan masyarakat yang masih menganggap asuransi sebagai produk keuangan yang rumit dengan proses yang berbelit–belit mulai dari proses pembelian sampai klaim asuransi," jelas Rudi.

Peluncuran iFWD Liberate juga merupakan langkah strategis perusahaan untuk menjawab perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia. Pertumbuhan penggunaan internet yang sangat pesat di Indonesia mendorong suburnya bisnis melalui online (e-commerce).

Sementara itu, Direktur Keuangan FWD Life Indonesia, Paul Setio Kartono menjelaskan, iFWD Liberate menawarkan Bebas Rencana yang merupakan produk asuransi jiwa berjangka (term life). Untuk mendapatkan perlindungan Bebas Rencana, calon nasabah hanya cukup menjawab dua pertanyaan underwriting tanpa perlu melakukan pemeriksaan medis.

"Jika calon nasabah memenuhi seluruh persyaratan, polis dapat segera diterbitkan dan perlindungan dapat segera berlaku efektif. Dengan demikian nasabah dapat semakin percaya diri menjalankan hidup dan passion-nya tanpa rasa khawatir akan masa depan keuangan mereka," pungkasnya. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com