Menuju Swasembada

Pangan 2017

Kementerian Pertanian Republik Indonesia bertekad untuk mewujudkan pertanian industrial unggul berkelanjutan berbasis sumber daya lokal demi meningkatkan kemandirian pangan, ekspor dan kesejahteraan petani.

Dok Kementan - Mentan Andi Amran Sulaiman bersama seorang petani bawang merah, Tarmo di Desa Tegongan, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Jumat (12/6/2015).
Senin, 15 Juni 2015

Irigasi Mampet, Mentan Bantu 2 Pompa Air untuk Petani Bawang

BREBES, KOMPAS.com - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan ke Brebes, Jawa Tengah. Mentan turun langsung ke sawah-sawah bawang merah untuk mendengarkan langsung keluhan petani.

Pada kunjungan tersebut Mentan mendapati saluran irigasi yang berada tepat di bawah jalan tol. Air untuk kebutuhan irigasi sawah tidak mengalir.

"Tolong Pak Menteri, saluran air yang ada di bawah jalan tol tidak mengalir, sebelum ada jalan tol lancar. Airnya susah karena salurannya mulai amblas," ujar salah seorang petani bawang merah, Tarmo di Desa Tegongan, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Jumat (12/6/2015).

Saat mendengar keluhan petani bawang terkait pengairan, Mentan langsung memberikan bantuan dua unit pompa air bagi kelompok petani bawang merah. Bantuan tersebut merupakan respons Menteri terhadap tidak adanya bantuan yang diberikan pemerintah daerah terhadap para petani bawang merah yang berada di area seluas 70 hektare tersebut.

Menurut Mentan, hingga saat ini belum ada wakil pemerintah daerah yang meninjau dan menyelesaikan masalah tersebut, sehingga petani terpaksa menggunakan saluran irigasi lain yang jaraknya lebih jauh.

"Jika terpaksa, para petani setempat menggunakan pompa untuk menyedot air dari saluran irigasi dan menyalurkannya ke lahan pertanian mereka. Saya harap bantuan pompa ini dapat menyelesaikan masalah mereka," ujar Mentan.