Advertorial

7 Aplikasi Android yang Bantu Hidup Anda Lebih Efisien

Kompas.com - 26/06/2015, 09:06 WIB

Jutaan aplikasi mobile yang terus bertambah setiap harinya membuat ponsel pintar kini bukan hanya berfungsi sebagai alat berkomunikasi, tapi juga makin berguna untuk seluruh aspek kehidupan Anda. Para pengguna smartphone Android, misalnya, yang sangat dimanjakan dengan 1,4 juta pilihan aplikasi di Google Play Store. Jumlah ini tercatat sebagai yang tertinggi bila dibandingkan dengan jumlah aplikasi untuk sistem operasi lainnya pada awal 2015. 

Hanya saja, perlu Anda ingat bahwa tidak semua aplikasi bisa tepat guna. Tujuh aplikasi di bawah ini terbukti dapat membantu Anda jadi lebih produktif, efisien, serta maksimal dalam berkegiatan atau berkarya: 

  1. Google Keep

Google Keep memungkinkan Anda membuat catatan, baik yang sederhana maupun rumit dalam bentuk daftar dan sisipan file multimedia. Terdapat reminder sebagai tambahan untuk menandakan tingkat urgensi catatan. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk mentranskripsikan (menyalin) sebuah foto dan rekaman suara ke dalam bentuk teks. Selain itu, label warna juga memudahkan Anda mengetahui kategori catatan. Semua file otomatis terintegrasi pada seluruh perangkat komunikasi yang terhubung dengan internet dan akun Google Anda. 

  1. Google Maps

Peta digital ini akan membantu Anda lebih efisien dalam menempuh sebuah perjalanan. Fitur navigasi yang dioperasikan menggunakan sistem GPS dan dilengkapi panduan suara ini akan mengarahkan perjalanan Anda dengan lebih akurat dan mudah. Google Maps juga menampilkan foto satelit, foto jalan, hingga informasi perihal alamat, perkiraan jarak dan waktu tempuh. Update terbarunya juga akan memberikan informasi kondisi kemacetan lalu lintas. 

  1. Traveloka

Perjalanan bisnis dan rekreasi akan semakin praktis apabila Anda sudah memiliki aplikasi ini di ponsel. Traveloka Apps berfungsi sebagai sarana pemesanan tiket pesawat dan hotel terbesar di Indonesia. Cakupannya ribuan rute penerbangan dan belasan ribu hotel di seluruh negara Asia Pasifik. 

Tampilan sederhana dan langkah-langkah navigasi yang mudah menjadikan aplikasi mobile dari OTA ini sangat mampu untuk diandalkan sebelum dan selama perjalanan. Terlebih lagi, tiket elektronik dan voucher hotel bakal otomatis tersimpan di menu aplikasi tersebut, serta dapat diakses tanpa koneksi internet. Anda tak perlu lagi repot menyusuri kotak masuk di email untuk mencari lampiran tiket ketika hendak check-in,atau mencetak tiket dan voucher. Perihal harga, Traveloka memberikan harga yang lebih murah ketimbang harga di situs versi desktop, bila Anda memesan tiket pesawat dan hotel via aplikasi tersebut. 

  1. Humin

Aplikasi satu ini memudahkan Anda untuk tetap mengingat kontak yang tersimpan di dalam ponsel. Aplikasi ini menyimpan detail sekecil apapun mengenai kontak Anda. Mulai dari tempat kerja, foto, termasuk mutual friend dengan Anda. Bahkan, Anda bisa mengetahui di mana dan kapan terakhir kali Anda bertemu dengan orang tersebut. Canggih! 

  1. Google Drive

Aplikasi satu ini menjadikan Anda tetap produktif dalam bekerja di mana dan kapan pun. Seluruh dokumen sekolah atau pekerjaan yang tersimpan dalam Google Drive bisa Anda akses melalui perangkat komunikasi lain, asalkan tersambung dengan internet dan akun Google Anda. Selain itu, Anda bisa mengedit, membuat dokumen baru, hingga berkolaborasi dengan orang lain saat menggunakan aplikasi ini. Apabila ingin melihat dokumen tersebut tanpa terhubung dengan jaringan internet, Anda hanya perlu mengaktifkan fitur work offline

  1. Mint

Aplikasi finansial ini masih menjadi salah satu aplikasi terbaik dan terpercaya di kelasnya. Anda bisa melakukan pencatatan keuangan dengan sangat terperinci dalam tampilan yang sederhana. Termasuk informasi faktual (real time) untuk mengetahui transaksi dan balance akun keuangan Anda. 

  1. VSCO Cam

Salah satu fitur yang terus ditingkatkan oleh produsen smartphone adalah kamera bawaan. Tiap produsen smartphone selalu bersaing untuk menciptakan kamera yang menghasilkan kualitas gambar paling prima. Ini pula yang membuat kemunculan aplikasi fotografi jadi berjibun, tak ada hentinya! 

Di antara ribuan aplikasi tersebut, VSCO Cam adalah salah satu yang terbaik. Perangkat editing foto pada aplikasi ini beragam dan membuat kualitas foto Anda nampak diambil oleh fotografer profesional dengan kamera canggih. Ditambah dengan pilihan filter foto yang memiliki efek variatif, mulai dari klasik, analog, hingga kekinian, dijamin foto-foto Anda makin artistik tanpa perlu repot berganti aplikasi penyunting gambar. (Adv) 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com