Stok pangan

Daging di Pasar Mayestik Mahal, Mentan Perintahkan Operasi Pasar

Kompas.com - 13/07/2015, 13:07 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Majestik, Jakarta Selatan, untuk mengecek harga daging menjelang Lebaran. Pada sidak tersebut Mentan berdialog dengan para pedagang daging guna mendapat informasi terkini harga daging dan karkas.

Hasilnya, diperoleh harga daging sebesar Rp 110 ribu sampai Rp 120 ribu per kilogram, sedangkan karkas sebesar Rp 87 ribu per kilogram.

"Berapa harga daging per kilogram pak," tanya Mentan Amran pada pedagang daging, Abdul Azis, di pasar Majestik, Minggu (12/7/2015).

Abdul Azis menyampaikan, harga daging di Majestik saat ini cukup mahal dan tidak menentu perubahan harganya. Menurutnya, harga daging mengalami kenaikan dari hari ke hari menjelang Lebaran.

"Harga daging di pasar ini mahal pak, harga daging Rp 110 ribu sampai Rp 120 ribu per kilogram, sedangkan karkas Rp 87 ribu sampai Rp 90 ribu per kilogram. Harga ini cukup mahal pak, tolong kalau bisa harganya turun," kata Abdul Azis.

Mentan mengaku kaget mengetahui langsung bahwa harga daging di pasar ini tinggi. Sebab, harga daging yang dijual oleh pemerintah melalui Badan Urusan Logistik (Bulog) sebesar Rp 88 ribu.

Untuk itu, Mentan langsung berkoordinasi dengan pihak Perum Bulog, Kementerian Perdagangan dan PT Berdikari agar menggelar Operasi Pasar daging murah. Hasilnya, satu jam setelah itu, langsung datang truk operasi pasar dari Bulog untuk menggelar operasi pasar daging seharga Rp 88 ribu. Dengan cepat, truk yang bermuatan daging tersebut langsung diserbu pembeli.

Mentan menjelaskan, untuk menekan harga daging, pemerintah akan mengadakan operasi pasar setiap hari sampai Lebaran di 21 titik pasar. Saat ini, stok daging yang dimiliki pemerintah sebanyak 5 ribu ton.

"Selain itu, solusi permanen sudah kami siapkan yakni membuka toko tani murah yang isinya cabe, bawang, beras, daging di semua daerah yang rentan akan harga pangan," kata Mentan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com