Advertorial

Solusi Digital untuk Perjalanan Mudik yang Aman dan Nyaman

Kompas.com - 14/07/2015, 11:21 WIB

Menjelang hari raya Idul Fitri, berbagai persiapan dilakukan masyarakat untuk menyambut hari yang fitri tersebut. Salah satu tradisi yang paling ditunggu-tunggu adalah perjalanan mudik menuju kampung halaman untuk merayakan hari raya bersama dengan keluarga besar. Kementrian Perhubungan Republik Indonesia memprediksi pada tahun ini jumlah pemudik akan mencapai angka 20 juta. Angka ini menunjukkan pertumbuhan dibandingkan tahun sebelumnya. Berdasarkan riset dari Balitbang Kementrian Perhubungan, kenaikan jumlah pemudik akan terjadi pada seluruh moda transportasi, baik darat, laut dan udara.

Telkom Indonesia terus menciptakan inovasi untuk memberikan layanan yang terbaik bagi pelanggannya dengan menyediakan berbagai macam solusi digital bagi para pemudik. Sebanyak 4 aplikasi telah disiapkan di dalam IndiHome Store untuk menemani perjalanan mudik. IndiHome Store merupakan portal konten dan aplikasi yang dipersembahkan Telkom kepada pelanggan. Keempat aplikasi tersebut difokuskan pada faktor-faktor penting bagi pemudik agar perjalanan mudik tetap aman, nyaman dan berkesan.

Diawali dengan informasi lalu lintas jalur mudik dengan aplikasi digital Umeetme. UMeetMe adalah aplikasi video conference berbasis internet dengan fitur-fitur terlengkap dan mudah digunakan. Pada Lebaran kali ini, UmeetMe menambahkan fitur layanan informasi jalur mudik, dengan menampilkan kondisi jalan raya secara live melalui CCTV online yang didukung teknologi IP Camera. Informasi ini bisa diakses di http://umeetme.id/mudik2015. Saat ini lokasi IP Camera tersebut mencakup 9 titik di jalur pantai utara hingga pantai selatan, yaitu Nagrek, Malangbong, Gentong, Limbangan, Cileunyi, Cikampek (Pintu tol Cikopo Cikampek), Cirebon, Brebes hingga Bakauheni. Jumlah titik lokasi IP Camera tersebut akan terus bertambah di beberapa lokasi di sepanjang jalur mudik.

Untuk menjamin kualitas video yang ditampilkan, maka tiap titik IP Camera tersebut terhubung menggunakan layanan IndiHome Fiber. IndiHome Fiber adalah layanan terpadu telepon rumah, TV interaktif dan akses internet dengan kecepatan sampai dengan 100 Mbps. Sehingga kualitas gambar IP Camera yang ditampilkan melalui UmeetMe tersebut akan lebih baik, walaupun tetap tergantung dengan koneksi internet yang digunakan pelanggan dalam mengakses layanan UmeetMe tersebut.

Faktor penting kedua dalam mudik yang aman dan nyaman adalah kesehatan pemudik. Oleh karena itu Telkom menyediakan aplikasi UDoctor. Melalui aplikasi tersebut, para pemudik dapat melakukan konsultasi online masalah kesehatannya dengan para dokter terbaik melalui media livechat maupun videocall secara gratis. Layanan konsultasi secara online ini dapat dimanfaatkan para pemudik mulai tanggal 10 Juli – 25 Juli dengan jadwal untuk livechat mulai pukul 03.00 – 22.00 dan jadwal untuk video call mulai pukul 08.00- 17.00. Selain layanan konsultasi online, UDoctor juga menyediakan beragam artikel informatif seputar kesehatan yang bermanfaat mewujudkan hidup sehat.

Layanan berikutnya, yaitu aplikasi Cerita Perut dan QBaca dihadirkan agar membuat perjalanan mudik tahun ini akan menjadi lebih berkesan. Cerita Perut hadir dengan memberikan informasi seputar rekomendasi tempat kuliner yang tersebar di 70 kota sepanjang jalur mudik seperti Indramayu, Brebes, Pekalongan, Ngawi, Madiun dan berbagai kota lain. Selain itu Cerita Perut juga memberikan informasi mengenai oleh-oleh kuliner khas dari berbagai wilayah. Sedangkan QBaca menyediakan bermacam-macam konten buku digital yang dapat menghilangkan rasa bosan atau penat saat istirahat di tengah perjalanan mudik.

Semua aplikasi tersebut dapat diakses dengan mudah via web browser maupun smartphone hanya dengan mengunjungi http://store.indihome.co.id/ pada direktori Ramadhan. Aplikasi IndiHome Store juga sudah tersedia di Google Play Store untuk pengguna perangkat berbasis Android. (adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com