Advertorial

Menjelajahi Mobil Jenis SUV Masa Kini

Kompas.com - 15/07/2015, 09:38 WIB

Soal penjualan di Indonesia, Sport Utility Vehicle (SUV) memang masih belum bisa melampaui penjualan mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV). Menurut Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) total penjualan mobil SUV tahun 2014 sebanyak 109.313 unit. Bahkan, pada Januari - Februari 2015 saja angka penjualan mobil "gagah" ini sudah mencapai 11.997 unit naik sekitar 19,7% jika dibandingkan penjualan di bulan yang sama pada tahun lalu hanya 9.636 unit.

Pertimbangan masyarakat mulai banyak memilih SUV tidak lepas dari beberapa alasan, antara lain kemampuan, jumlah penumpang dan kenyamanan, mesin dan teknologi. Misalnya saja, jika kita menilik SUV sekelas Chevrolet Captiva.

Pertama soal kemampuan, mobil "gagah" besutan Chevrolet yang tahun 2015 ini ternyata telah banyak mengalami perubahan dari pada Chevrolet Captiva 2014. Secara kasat mata, tampilan eksterior dari mobil yang mampu menerjang medan halus atau kasar ini punya banyak perubahan. Sebut saja, mud guard berwarna silver di bagian bumper depan paling bawah, diffuser berwarna silver yang lebih sporty pada bumper belakang, lampu belakang dengan kombinasi baru dan teknologi LED, velg baru dengan 10 buah palang hingga keyless entry yang diberi nama dengan PEPS (Passive Entry Passive Start), dll.

Selain itu, Chevrolet Captiva sudah memiliki implementasi suspensi depan Macperson serta Stabilizer dan 4-point multilink independent system pada suspensi belakang. Selain itu, ground clearence dari mobil ini cukup tinggi yaitu 197mm sehingga bukan masalah jika harus berjalan di atas jalan berlubang atau genangan yang cukup tinggi.

Kedua jumlah penumpang dan kenyamanan, mobil yang telah mengantongi penghargaan dari Thailand Automotive Quality Award (TAQA), sebagai Outstanding Initial Quality Satisfaction untuk kategori SUV ini satu-satunya SUV yang mampu menampung 7 penumpang. Bahkan, adanya fitur flat-folding system membuat space di dalam kabin lebih leluasa sehingga dapat menampung banyak barang. Lalu, kursi penumpang depan dan pengendara juga dilengkapi dengan penyesuian 8 arah yang dikendalikan secara elektronik.

Selain itu, kenyamanan Chevrolet Captiva masih ditambahkan dengan fitur illuminated steering wheel untuk memberikan nuansa sporty tetapi tetap mewah. Lalu, kontrol audio untuk mengontrol sistem hiburan, menyambungkan smartphone via bluetooth, hingga mengakses fungsi cruise control hanya dengan sentuhan pada kemudi. Serunya, sistem hiburan terbaru sudah kompatibel dengan OS smart phone terkini dan dengan efek suara tiga dimensi.

Ada pula Dual Zone Climate Control with Ionizer yang akan memudahkan kita mengatur temperatur yang berbeda antara wilayah kiri dan kanan kabin, termasuk pada lubang pendingin udara pada bagian paling belakang. Ionizer di mobil Chevrolet Captiva membantu mengurangi bakteri sehingga udara lebih bersih serta menghilangkan bau dan debu di dalam kabin

Ketiga adalah mesin, Chevrolet Captiva Captiva memiliki dua tipe mesin yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan, yaitu front wheel drive dan all wheel drive. Untuk Chevrolet Captiva bermesin diesel, tenaga yang dapat disemburkan sebesar 163PS dengan torsi 400 nm/rpm. Lalu, Chevrolet Captiva 2.4 liter 4-cylinder 16 valve double CVC benzene engine with flex fuel menghasilkan tenaga maksimal 167 PS pada 5.600 rpm.

Canggihnya mesin Chevrolet Captiva masih juga ditambahkan 6 Speed Driver Shift Control with ECO mode, yaitu fitur yang sangat memanjakan pengemudi. Sehingga, pengemudi bebas untuk berganti gigi secara semi-manual maupun secara otomatis dengan sistem yang mampu menentukan waktu perpindahan transmisi terbaik berdasarkan perhitungan torsi, kecepatan kendaraan dan mesin, serta speed-per-round. Sistem ini bekerja bersamaan dengan sistem AWD yang cerdas pada Chevrolet Captiva dan sistem ESP yang memastikan stabilitas demi performa mobil yang maksimum. Semua ini ditambah juga dengan fitur ECO mode yang dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar hanya dengan satu sentuhan tombol.

Terakhir teknologi, Kelengkapan interior dari mobil yang bertagline "Find New Roads" ini semakin canggih dengan teknologi passive entry dan passive start, yaitu mengunci dan membuka kendaraan tanpa menggunakan kunci konvensional. Akan sangat berguna jika kedua tangan Anda direpotkan dengan membawa barang atau belanjaan banyak, cukup dengan mendekatkan kunci ke sensor pintu mobil. Teknologi tersebut tenyata dapat membuat tingkat keamanan dari mobil Anda lebih tinggi karena immobilizer akan aktif secara otomatis.

Lalu, Automatic Rain Sensor System yaitu wiper pada kaca depan akan aktif otomatis jika turun hujan dan mengatur kecepatan sapuan sesuai dengan intesitas hujan. Begitu juga dengan wiper kaca belakang jika posisi mobil berjalan mundur. Electronic Parking Brake yaitu kemudahan penggunaan rem tangan hanya dengan satu sentuhan pada tombol yang terletak di dasar tuas persneling.

Nah, jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut soal “gagahnya” SUV Chevrolet Captiva terbaru ini, silahkan mengunjungi www.chevrolet.co.id atau hubungi Customer Assistance Chevrolet di nomor bebas pulsa 0800-10-24389. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com