Tampil Gaya dengan Sneakers

Kompas.com - 26/07/2015, 09:18 WIB

Fashion selalu bergerak dinamis dan hanya beberapa item fashion yang mampu terus bertahan dari generasi ke generasi. Salah satu item tersebut adalah sneakers. Tipe sepatu ini memang memiliki sejarah tersendiri dan berkembang sesuai jaman.

Sesuai namanya yaitu sneakers yang merupakan sinonim dari kata athletic shoes atau sepatu atletik, awalnya sneakers merupakan sportswear, dan memang banyak diluncurkan oleh brand-brand sportswear terkenal seperti Nike, Adidas, dan Converse All Star, serta dipopulerkan oleh para atlet terkenal. Pada tahun 1916, pemain basket terkenal yaitu Charles Taylor mempopulerkan sneakers Converse All Star atau yang juga disebut Chuck Ts. adidas Stan Smith, sesuai namanya sneakers ini diperkenalkan oleh Stan Smith, pemain tenis legendaris asal US pada tahun 1965. Sementara Nike Air Jordan dipopulerkan pada tahun 1985 oleh Michael Jordan, pemain basket profesional yang bahkan dinyatakan sebagai pemain basket terbaik oleh NBA.

Dampak popularitas dari para atlet terkenal tersebut tentunya sangatlah besar bagi perjalanan sepatu sneakers. Walaupun sepatu sneakers ini sendiri pada awalnya telah mencetak popularitasnya sendiri seperti adidas Samba yang diluncurkan pada tahun 1950 dan konon merupakan model sepatu dengan penjualan terbesar sepanjang jaman bagi adidas dan blueprint untuk sepatu-sepatu sneakers berikutnya.

Tak hanya itu, sebuah label terkenal dari California dan berdiri pada tahun 1966 yaitu Vans, memperkenalkan sepatu sneakers dan pada awal tahun 1970 sepatu tersebut sangat digemari dan dipakai oleh para pemain skateboard. Baru kemudian, pemain skateboard professional yaitu Tony Alva merancang sepatu sneakers untuk Vans, bekerjasama dengan skateboarding figure yaitu Stacy Peralta, dan menamakan edisi sepatu tersebut The Vans “#95” atau yang sekarang lebih populer dengan nama “Era”.

Kemudian baru pada awal tahun 1980, para penyanyi dan kru hip hop memakai adidas Superstar. Sepatu sneakers pun mulai memiliki ruang publik yang lebih luas. Tidak hanya di dunia olahraga, namun juga musik dan fashion. Hal ini tentunya menjadi inspirasi tersendiri bagi brand sportswear untuk lebih mempopulerkan produk-produk sepatu mereka dengan menggandeng para selebriti dan musisi.

Seperti adidas Yeezy Boots, yang merupakan hasil kolaborasi pertama antara adidas dengan Kanye West, seorang musisi terkenal asal US yang juga merupakan suami dari selebriti terkenal Kim Kardashian. Kemudian adidas Superstar yang kembali populer kali ini oleh Pharell Williams, seorang penulis lagu, penyanyi rap, produser musik, sekaligus seorang fashion designer asal Amerika, dengan nama Pharell X adidas Superstar Supercolor. Koleksi sepatu sneakers dari edisi tersebut memiliki 50 variasi warna. Tak berhenti sampai disitu, Pharell juga kembali mempopulerkan adidas Stan Smith yang kini terkenal dengan nama Jacquard Collection.

Kontribusi para pemusik dan selebriti tersebut sangatlah besar bagi perkembangan sejarah sepatu sneakers terutama di masa kini. Sepatu sneakers pun menjadi lebih fashionable dan menjadi must-have-item di dunia fashion. Paraplou.com, sebagai premium fashion online store, menghadirkan sepatu sneakers 100% original dari koleksi adidas, Nike, Macbeth Footwear, dan Lee Cooper. Tidak hanya untuk pria, tersedia juga sepatu sneakers branded untuk wanita, serta jaket keren yang pas dipadu padankan dengan sepatu sneakers. Tunggu apalagi, ini saatnya tampil gaya dengan sneakers!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com