Advertorial

Kini, Batasan Smartphone Premium dan Menegah Semakin Tipis

Kompas.com - 08/08/2015, 21:25 WIB

Jakarta –Persaingan pasar smartphone saat ini sangatlah ketat. Berbagai vendor mulai meluncurkan perangkat kelas premium dengan menjejali spesifikasi yang canggih di dalamnya.Tidak hanya pemain lama di pasar smartphone Indonesia, pemain baru juga turut serta ikut meramaikan persaingan di pasar.Namun strategi yang mereka tetapkan amatlah berbeda.

Trend yang bekembang, pemain baru di pasar Indonesia menyajikan produk – produk dengan harga terjangkau dengan spesifikasi yang memadai, yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia dan pastinya dengan harga jual yang menarik. Hal ini menjadikan pasar telefon pintar di Indonesia semakin menarik. Apalagi, banyak vendor baru yang mengandalkan strategi “zero budget marketing”. Dimana strategi ini banyak mendekatkan vendor ke end usernya langsung melalui forum atau media social. Kekuatan “word” of mouth cukup diandalkan oleh vendor seperti ini.

Selain stategi flash sale juga banyak diterapkan untuk menekan biaya pemasaran dan menciptakan keramaian di media social atau forum. Tentunya stategi ini sedikit banyak berpengaruh pada harga jual dari perangkat yang mereka tawarkan. Berbagai jenis perangkat yang mereka tawarkan terkadang membuat konsumen bingung dalam melihat produk tersebut apakah ini merupakan perangkat kelas premium atau menengah.

Yang terjadi saat ini, vendor telah mengupayakan untuk mempertipis jarak antara smartphone premium dan kelas menengah. Semakin hari produk premium dari kelas atas semakin murah saja. Hal itu seiring dengan produk – produk kelas menengah yang semakin banyak menggunakan prangkat keras yang terdapat pada smartphone premium, dan juga mulai memikirkan akan desain dari perangkat tersebut.

Salah satunya adalah Mirror 5, produk terbaru OPPO yang sudah dipasarkan awal Agustus ini memiliki spesiifkasi tinggi, desian yang unik namun ditawarkan dengan harga yang sangat kompetitif. OPPO berhasil menekan harga jual perangkat ini untuk lebih mudah dijangkau, hal tersebut tidak lain karena adanya dukungan beberapa vendor yang menjalin “long term partnership” yang mengakibatkan beberapa perangkat dapat menggunakan spesifikasi baik dengan harga yang terjangkau. Layaknya pada Mirror 5 yang didukung oleh prosesor empat inti dari Qualcomm dan RAM sebesar 2GB. Perangkat ini dilepas dengan harga Rp. 2.999.000- dan dapat dipesan melalui ofanstore.co.id pada tautan : preorder.ofanstore.co.id (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com