Advertorial

Simeon dan Federal Oil Gresini Racing Masih ”On Track”

Kompas.com - 10/08/2015, 09:44 WIB

Indianapolis, KompasOtomotif – Tim Federal Oil Gresini memasuki paruh musim kedua seri balap Moto2 tahun ini dengan hasil yang cukup memuaskan. Setelah sulit memperbaiki catatan waktu dan menemukan feeling yang bagus hingga babak kualifikasi, Xavier Simeon bertahan dan berhasil finish di urutan ke-8 dalam GP Indianapolis, Amerika Serikat, Minggu (9/8/2015). 

Hasil tersebut cukup baik, mengingat pebalap asal Belgia itu mengaku belum menemukan felling yang kuat dengan sepeda motor bahkan hingga balapan. Dari komentar-komentar Simeon dan keterangan dari web resmi Gresini Racing, kendala utama adalah keterkaitan antara suhu lintasan dan penggunaan ban yang tepat.

”Jujur saya bisa mengatakan bahwa saya puas dengan hasil ini, meski sebenarnya ada kekecewaan. Selama latihan bebas dan kualifikasi kami mengalami masalah besar. Finish di urutasn ke-8 adalah hasil yang tak terduga,” kata Simeon dalam keterangan resmi tim.

Pebalap asal Belgia itu juga mengatakan bahwa selama balapan, semua kemampuan sudah dikerahkan. Start dari posisi ke-16 dirasa mustahil untuk melakukan gebrakan besar. Usaha besar harus dilakukan pada putaran pertama untuk mencari posisi, lalu memelihara konsistensi di lap-lap akhir dengan tidak mengambil risiko.

”Saya sangat berterima kasih kepada tim dengan usaha kerasnya. Sebab, setelah menjalani minggu yang sempurna di Sachsenring (juara untuk pertama kalinya), kami mengalami minggu yang sulit di Amerika. Namun delapan poin dari posisi ke-8 adalah sangat penting. Kami harus melanjutkan perjuangan ke posisi lebih baik di seri selanjutnya di Brno,” kata Simeon.

Dalam GP Amerika Minggu dini hari WIB itu, permasalah hampir semua pebalap dan tim adalah suhu lintasan yang dingin. Bahkan cuaca cenderung mendung serta hujan. Penggunaan ban tentu mempengaruhi performa tim, apalagi suhu lintasan dengan cepat berubah.

Hingga saat ini Simeon masih bertengger di posisi ke-6 klasemen dengan 92 poin, atau terpaut 107 poin dari pemuncak klasemen Johann Zarco. Masih ada delapan seri tersisa dan peluang merangsek ke deretan atas masih sangat besar. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com