Advertorial

Rekomendasi Hotel Ciamik untuk Long Weekend di Bogor

Kompas.com - 13/08/2015, 09:22 WIB

Bayangkan Anda bangun di hari Senin dan tidak harus pergi ke kantor. Pada tanggal 17 Agustus tahun ini, bayangan itu bisa jadi kenyataan! Ya, hari kemerdekaan tahun ini jatuh pada hari Senin sehingga Anda dapat bonus libur satu hari lagi, alias long weekend.

Sudah punya rencana untuk menikmatinya di mana? Jika belum, Anda bisa pertimbangkan Bogor sebagai tujuan liburan singkat itu.

Mengapa Bogor? Karena jaraknya hanya satu jam berkendara dari ibu kota, udaranya sejuk, kulinernya enak, dan Bogor punya banyak hotel nyaman untuk bersantai di akhir pekan. Penasaran? Simak rekomendasi lima hotel berikut ini:

The 101 Bogor Suryakancana - Bergaya art deco dengan sentuhan modern

Desain bergaya art deco The 101 Bogor Suryakancana. Sumber: Traveloka
Meski baru diresmikan April kemarin, The 101 Bogor Suryakancana kerap jadi perbincangan. Desain hotel ini bergaya art deco yang dipadukan dengan budaya Tionghoa, Jawa, dan Barat. Kamar-kamar di sini sengaja tidak dilengkapi karpet sehingga Anda bisa merasakan langsung lantainya, persis seperti berada di rumah.

Soal layanan, The 101 Bogor Suryakancana memiliki One Stop Guest Centre yang menjamin komunikasi antara tamu dan staf hotel berjalan lancar. Soal lokasi, hotel ini sangat strategis karena berada di kawasan Chinatown Suryakencana yang merupakan pusat kuliner di Bogor.

Alamat The 101 Bogor Suryakancana:Suryakancana 179 - 181, Bogor, Indonesia, 16141

Padjadjaran Suites Resort & Convention Hotel - Nyaman, sejuk, dan bersih

Sambil beristirahat di Savero Golden Flower Bogor, Anda bisa menikmati asrinya Kebun Raya Bogor dari balik jendela. Sumber: Traveloka.
Hotel ini cocok bagi Anda yang ingin menikmati libur long weekenddengan tenang. Pesanlah satu kamar di sini dan puaskan diri dengan menikmati keindahan kota Bogor dari dalam kamar. Panorama Gunung Salak di kejauhan juga bisa Anda pandangi dari balik selimut.

Bukan hanya dikelilingi pemandangan yang indah dan berudara sejuk, hotel ini juga sangat bersih. Cocok sekali untuk bersantai melepas penat dari rutinitas pekerjaan Anda.

Lapar? Tidak jauh dari hotel ini, Anda bisa membeli Macaroni Panggang yang sudah menjadi ikon kuliner kota Bogor. Pesanlah untuk dibawa pulang ke hotel karena lebih nikmat memakannya di atas kasur empuk atau duduk santai di balkon sambil menikmati udara sejuk.

Alamat Padjadjaran Suites Resort & Convention Hotel:Bogor Nirwana Residence, Jl. Bogor Inner Ring Road Lot. XIX C-2 No. 17, Bogor, Indonesia, 16132

Savero Golden Flower Bogor - Seperti menginap di tengah Kebun Raya Bogor

Pesanlah segelas kopi untuk menemani Anda melihat matahari terbit. Sumber: hotelroyalbogor.com
Hotel ini tidak berada tepat di dalam kawasan Kebun Raya Bogor, tapi Anda akan merasa seolah-olah seperti itu. Dari jendela kamar, Anda bisa melihat hijaunya Kebun Raya Bogor dan kawanan rusa yang merumput di sana.

Berkelilinglah juga di sekitar hotel karena ada beberapa tempat menarik yang bisa Anda kunjungi. Prasasti Batutulis peninggalan Kerajaan Sunda salah satunya. Di sana, Anda akan melihat batu besar berukir aksara Sunda, bertanggal 1455 Saka atau 1533 Masehi. Isi prasastinya juga berbahasa Sunda kuno, tapi jangan khawatir karena Anda bisa meminta penjaga situs untuk menjelaskannya.

Alamat Savero Golden Flower Bogor:Jl. Padjajaran No. .27, Bogor, Indonesia, 16127

Hotel Salak The Heritage - Kembali ke kemewahan masa kolonial

Sejak masa kolonial, Hotel Salak The Heritage sudah terkenal dengan sajian kulinernya. Wajar,  karena hotel ini memiliki moto dalam bahasa Belanda: lemand kan niet goed nadenken, goed liefde en goed slapen zonder goed eten,artinya seseorang tidak bisa berpikir dengan baik, mencintai sepenuh hati, dan tidur nyenyak, jika tidak makan enak.

Di tahun 1998, Hotel Salak The Heritage diremajakan sehingga meskipun berada dalam bangunan kuno, hotel ini memiliki fasilitas mewah dan dilengkapi teknologi modern. Salah satunya, meeting room yang terkenal memiliki koneksi internet berkecepatan tinggi.

Saat kelak menginap di sini, Anda bisa menyeberang untuk menyuapi rusa-rusa di Kebun Raya Bogor saat pagi hari, karena Hotel Salak The Heritage berada tepat di depannya. Jika ingin berkeliling, penyewaan sepeda di hotel juga tersedia untukmu.

Alamat Hotel Salak The Heritage: Jalan Ir Djuanda No.8, Bogor, Indonesia, 16121

Royal Hotel Bogor - Matahari terbit paling spektakuler di Bogor

Ini adalah hotel dengan pemandangan matahari terbit paling spektakuler di Bogor. Menginap di Royal Hotel Bogor berarti Anda harus memaksa diri bangun di pagi hari dan naik ke Buitenzorg Restaurant. Restoran ini dikelilingi jendela-jendela besar yang menghadap ke arah timur sehingga Anda bisa melihat betapa cantiknya pergantian warna langit saat matahari terbit.

Jika Anda bukan morning person dan tidak tertarik melihat matahari terbit, datanglah ke hotel ini saat malam. Setelah matahari terbenam, birunya langit akan terganti bentangan angkasa hitam pekat yang menaungi gemerlap lampu kota di bawahnya. Saat langit cerah, Anda juga bisa melihat gemintang yang merajai langit malam.

Alamat Royal Hotel Bogor:Jl. Ir. H. Djuanda No. 16, Bogor, Indonesia, 16610

(Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com