Advertorial

3 Hotel di Surabaya yang Dekat dengan Tempat Wisata Bersejarah

Kompas.com - 15/08/2015, 05:38 WIB


Merdeka! Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini jatuh pada hari Senin, yang artinya Anda bebas dari rutinitas kerja karena libur long weekend. Mau dihabiskan di mana? Jangan berdiam diri saja di rumah dengan setumpuk DVD dan secangkir kopi panas. Long weekend tidak datang tiap bulan, jadi mari rencanakan liburan! 

Berhubung bertepatan dengan hari kemerdekaan, tak ada salahnya memilih destinasi liburan yang berbeda. Surabaya misalnya, sebagai salah satu kota yang sarat nilai sejarah. Jadi, selain berlibur, Anda juga bisa mengenang dan belajar sejarah. 

Menginapnya di mana kalau berlibur di Surabaya? Karena tujuannya adalah berlibur sekaligus napak tilas sejarah Indonesia, sebaiknya Anda menginap di hotel yang dekat dengan tempat wisata bersejarah di kota ini. Berikut tiga hotel pilihan yang patut Anda pertimbangkan: 

1. Veni Vidi Vici (V3) - Hanya selangkah ke Tugu Pahlawan

Desain oriental dengan dominasi warna hitam dan emas membuatmu seakan tidur di kamar kerajaan. (Sumber: Traveloka)

Merasa tak asing dengan nama hotel Veni Vidi Vici? Nama hotel ini memang berasal dari slogan kemenangan khas Latin yang berarti “saya datang, saya lihat, saya menang”. Meskipun namanya berasal dari bahasa Latin, tapi hotel ini bergaya klasik oriental. 

Hotel yang terletak di Jalan Tambak Bayan Tengah ini hanya berjarak sekitar 500 meter dari Tugu Pahlawan, yang bisa Anda tempuh dengan berjalan kaki. Tugu setinggi 41,14 meter dan berbentuk paku terbalik ini merupakan simbol penghormatan terhadap ‘arek-arek Suroboyo’ yang gugur pada Peristiwa 10 November 1945, sebuah pertempuran terbesar dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. Selain Tugu Pahlawan, Anda bisa sekaligus mampir ke Pusat Grosir Surabaya untuk berbelanja oleh-oleh. 

Selain desain klasik yang ciamik, Veni Vidi Vici juga memiliki beragam fasilitas yang memanjakan tamu. Jika menginap ramai-ramai bersama teman, silakan mencoba fasilitas karaoke atau manjakan diri Anda dengan menikmati fasilitas spa di dalam hotel dan mencicipi hidangan lezat ala hotel di restorannya. 

Alamat: Jalan Tambak Bayan Tengah No. 17-19, Surabaya.

2. Ibis Rajawali Surabaya - Menginap di kawasan kota tua Surabaya

Nikmati menu lezat ala hotel Ibis Rajawali Surabaya. (Sumber: Traveloka)

Menginap di Ibis Rajawali Surabaya adalah pilihan tepat bagi Anda yang mengagumi arsitektur kuno. Hotel ini memang berada di kawasan Jembatan Merah yang dikenal sebagai kota tua di Surabaya dan dikelilingi oleh banyak bangunan tua bersejarah. Jembatan Merah sendiri merupakan jembatan bersejarah yang menjadi lokasi pertempuran warga Surabaya melawan penjajah di masanya. 

Salah satu yang menarik adalah Jalan Kembang Jepun yang merupakan kawasan pecinan di sebelah timur jembatan. Setiap sore dan malam hari, kawasan ini ramai sekali dengan beragam kuliner berjajar di sepanjang jalan. 

Meski dekat dengan kawasan kota tua yang penuh dengan bangunan kuno, Ibis Rajawali Surabaya menyediakan kamar berdesain modern minimalis. Dilengkapi dengan kasur yang empuk, istirahat Anda dijamin bakal nyaman dan tenang, apalagi setelah menempuh perjalanan yang melelahkan ke Surabaya. 

Tak hanya kamar yang nyaman untuk beristirahat, fasilitas umum lain yang tersedia juga tak akan membuat Anda menyesal karena menginap di sini. Sebelum menjelajah kota, ada baiknya Anda menghabiskan satu-dua jam di pusat kebugaran agar kondisi tubuh menjadi lebih prima untuk berpetualang. 

Alamat: Jalan Rajawali No. 9-11, Surabaya.

3. Sahid Surabaya Hotel - Sejengkal saja dari Monumen Kapal Selam nan bersejarah

Kamar dengan sentuhan perabot kayu ini akan membuat istirahat Anda semakin nyaman. (Sumber: Traveloka)

Sahid Surabaya Hotel adalah pilihan sempurna untuk Anda yang ingin menghabiskan liburan panjang di Kota Pahlawan. Hotel ini mampu memenuhi semua harapan Anda tentang hotel idaman karena fasilitasnya lengkap dan lokasinya strategis sehingga memudahkan mobilitas Anda berkeliling kota. 

Sebagai awal petualangan di Surabaya, destinasi yang wajib Anda kunjungi adalah Monumen Kapal Selam yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki kurang dari lima menit dari hotel. Tempat wisata ini menggunakan kapal selam sungguhan dengan nama Kapal Republik Indonesia (KRI) Pasopati 410. Kapal buatan Rusia tahun 1952 ini telah banyak dipakai untuk mempertahankan kedaulatan wilayah Indonesia. Di dalamnya, Anda bisa melihat bagaimana kondisi kapal selam yang tidak mengalami perubahan dari kondisi sebelumnya. 

Setelah puas jalan-jalan seharian, dapatkan istirahat berkualitas top di kamar yang mengusung konsep desain modern minimalis. Tapi jangan hanya habiskan waktu di kamarnya yang nyaman, Anda juga harus coba menikmati berbagai fasilitas menarik yang disediakan di sini. Manjakan diri Anda di ruang pijat dan sauna agar siap menjelajah Surabaya dengan segar dan bersemangat. 

Alamat: Jalan Sumatera No. 1-5, Surabaya. 

Mari turut rayakan peringatan kemerdekaan negara kita dengan mengenali lebih dalam seputar sejarah Indonesia. Ketiga pilihan hotel di atas tentu bakal membuat liburan Anda di Surabaya jadi lebih sarat makna dan tetap nyaman. Tak perlu khawatir soal harga, karena dengan memesan melalui Traveloka App, Anda bisa mendapatkan tarif lebih murah ketimbang bila memesan via desktop. Merdeka dan selamat berlibur! (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com