Ayo, Rayakan Kemerdekaan Indonesia dengan Cara yang Berbeda

Kompas.com - 15/08/2015, 11:01 WIB


Merayakan ulang tahun Kemerdekaan RI yang ke-70 bisa dengan berbagi cara. Mulai dari upacara bendera, memasang bendera di rumah atau kantor, dan tentunya ikut serta dalam lomba 17 Agustus. Ketiga kegiatan ini memang biasa dilakukan untuk menunjukkan rasa nasionalisme terhadap Indonesia. Selain itu, terdapat kepuasan tersendiri ketika merasakan euphoria saat merayakan hari ulang tahun Indonesia.

Di tahun 2015, hari ulang tahun Kemerdekaan RI tepat jatuh pada hari senin, sekaligus menjadi momen long weekend yang akan dimanfaatkan oleh keluarga. Perayaan ulang tahun Indonesia akan menjadi liburan yang menyenangkan bersama keluarga sekaligus bisa menjadi kenangan yang indah saat merayakan Kemerdekaan RI bersama-sama.

Untuk itu, Ancol Taman Impian menyajikan program-program spesial untuk perayaan kemerdekaan RI. Agus Sudano selaku perwakilan dari manajemen PT. Taman Impian Jaya Ancol menyebutkan jika terdapat perlombaan, hiburan, dan promo yang menarik untuk menyambut hari Kemerdekaan RI di tahun 2015. Hal ini disebutkan saat Press Conference di Restoran Jimbaran, Ancol, Jumat (14/08/2015). Press Conference juga dihadiri oleh Head of Production Operational Departement Hendrarta Suya, Chua Kotak, Radja dan Perwakilan dari KDI.

Terdapat acara yang spesial di dalam perayaan hari Kemerdekaan RI, yaitu pengibaran bendera merah putih didalam air dan pembacaan teks proklamasi. Pelaksanaan pengibaran bendera akan dilakukan di Aquarium Seaworld Ancol dari jam 10.00 – 11.00 WIB, yang akan dilanjutkan dengan feeding show. Pengibaran bendera bawah air ini akan dilakukan oleh Chua, bassist band Kotak beseta tim penyelam Seaworld Ancol. Chua mengungkapkan rasa bangganya bisa mengibarkan bendera merah putih dengan cara yang unik. “Merupakan impian saya sejak kecil untuk bisa masuk ke dalam Aquarium Sea World dan sekarang berkat acara ini saya bisa menyelam di sana sekaligus mengibarkan bendera merah putih,” ujarnya

Hiburan lain juga diberikan di Ocean Dream Samudra yaitu acara pengibaran bendera merah putih terbesar berukuran 13 x 5 meter yang akan dilakukan di Underwater Theater Ocean Dream Samudra. Waktu pengibaran yaitu pukul 12.30, 14.20, dan 15.20 WIB.

Selain itu, akan ada perlombaan panjat pinang kolosal dengan tema “Ekspresi Kemerdekaan” yang akan digelar di Pantai Karnaval pada 17 Agustus 2015. Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini Ancol menyediakan 124 pohon pinang yang siap berdiri tegak dan menawarkan hadiah menarik untuk pengunjung yang berpartisipasi. Untuk berpartisipasi, bisa melakukan pendaftaran di Pantai Karnaval pada hari yang sama mulai pukul 13.00 WIB. Syarat untuk pendaftaran yaitu peserta berupa kelompok yang beranggotakan empat orang dengan rentang umur 17-50 tahun, setiap peserta wajib menunjukkan KTP dan tiket masuk gerbang Ancol, serta mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh panitia.

Tidak hanya perlombaan, Ancol juga menyediakan panggung musik akbar hasil kerja sama Ancol Taman Impidan dan MNC TV yang mengambil lokasi di area Pantai Karnaval. Acara dengan tema “Joget Ekpresi Kemerdekaan” ini mendatangkan artis-artis Indonesia papan atas seperti Radja, Seventeen, Aurel, Ashanty, KDI, Uut Permatasari, dan Via Valen. Bahkan Radja akan membawakan lagu terbarunya yang berjudul “Untukmu, Indonesiaku” di dalam acara ini. Pertunjukan pangggung musik ini akan dimulai pada pukul 15.00 WIB, bersamaan dengan dimulainya lomba panjat pinang kolosal.

Tidak hanya itu, Ancol juga menyediakan hiburan yang berada di Dunia Fantasi. Beragam acara dibuat khusus untuk merayakan hari Kemerdekaan RI 2015. Akan ada acara Kemerdekaan Studio Fantasi yang bisa dinikmati pada tanggal 15-17 Agustus dan 22 Agustus 2015. Selain itu akan ada acara Stufan Blash, Parade Akbar Dunia Fantasi, dan Musical Firework yang berlangsung pada tanggal 29 Agustus 2015. Terdapat juga Aerialist Show yang bisa dinikmati pada tanggal 29 Agustus 2015.

Dalam rangka merayakan Kemerdekaan RI, Ancol juga memiliki promo yang menarik yang berlaku sampai 31 Agustus 2015 untuk wisata di Dunia Fantasi, Atlantis Water Adventures, Ocean Dream Samudra dan Seaworld Ancol. Terdapat promo tiket masuk Dunia Fantasi yaitu promo Girl’s Month yang memberikan diskon 50% khusus untuk perempuan. Sedangkan untuk pengunjung Atlantis Water Adventure akan mendapatkan kartu keanggotaan tahunan Atlantis Value Card yang bisa dipakai untuk masuk ke Atlantis sepuasanya selama satu tahun hanya dengan membayar 150.000 Rupiah. Tidak ketinggalan promo juga diberikan untuk Ocean Dream Samudra, hanya dengan membayar seharga 180.000 Rupiah, pegunjung akan mendapatkan tiket masuk ke Ocean Dream Samudra dan Seaworld. Selain itu, Seaworld juga memberikan promo khusus dari tanggal 15-17 Agustus 2015 yaitu tiket masuk seharga 100.000 Rupiah. (adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com