Irman Gusman: Manfaatkan Mandat Rakyat

Kompas.com - 18/08/2015, 18:59 WIB


Menghadiri acara pemilihan pimpinan Komite I DPD RI di Gedung DPD RI, Kompleks MPR/DPR/DPD RI, Selasa (18/08/2015), Irman Gusman mengharapkan pimpinan dan anggota alat kelengkapan DPD RI memanfaatkan mandat rakyat sebagai senator guna merealisasikan kehendak rakyat. Mewakili perorangan dan kelembagaan DPD RI, para senator merespon isu-isu kedaerahan seperti pelaksanaan pemilihan kepala daerah/wakil kepala daerah (pemilukada) dengan mengintensifkan komunikasi internal dan eksternal, terutama konstituen di daerah. 

“Manfaatkan mandat rakyat. Kita merespon isu apa pun. Kalau tidak merespon, bisa-bisa kita disebut tidak bunyi,” ujar Irman. Menurutnya, menggunakan kekuasaan sesuai mandat rakyat, yaitu menyejahterakan rakyat merupakan kesempatan untuk merealisasikan kehendak rakyat. 

Irman menyinggung kemampuan merespon isu-isu kedaerahan itu sebagai salah satu faktor yang memengaruhi kinerja perorangan dan kelembagaan DPD RI selain faktor motivasi bekerja, dukungan masyarakat, serta hubungan antar anggota atau pimpinan DPD RI. Jadi, kinerja (prestasi kerja) DPD RI sesungguhnya hasil kerja (output) kualitas dan kuantitas perorangan dan kelembagaan DPD RI dalam melaksanakan fungsi, tugas, dan wewenang konstitusionalnya. 

Oleh karena itu, dia mengajak pimpinan dan anggota alat kelengkapan DPD RI tidak ragu-ragu selama melaksanakan fungsi, tugas, dan wewenang konstitusionalnya. Selama bekerja sungguh-sungguh maka rakyat akan merasakan eksistensi para senator. “Jangan mengeluhkan keterbatasan kewenangan. Jangan merasa sia-sia bekerja, merasa tidak menghasilkan outputLow profile boleh tapi jangan ragu-ragu. Jangan minder. Percaya diri saja. Mari bersikap care, peduli. Kerja keras dan cerdas kita akan berhasil,” tutupnya. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com