Apa itu Biaya Provisi di Dalam Properti?

Kompas.com - 20/08/2015, 18:55 WIB


Saat membeli rumah terdapat beberapa biaya yang harus disiapkan. Mulai dari uang muka, biaya notaris, pajak penjualan dan pembelian, biaya asuransi, hingga biaya provisi dan administrasi. Banyaknya biaya yang di keluarkan membuat kita harus pintar dalam menghemat biaya. Salah satunya bisa dengan menghemat biaya provisi yang didapatkan melalui potongan. Tapi, apa itu biaya provisi?

Biaya provisi merupakan biaya administrasi yang harus dibayarkan pembeli ke bank. Hal ini berlaku jika pembeli membeli rumah dengan KPR. Besar dari biaya provisi berbeda di setiap bank, biasanya berkisar antara 1 persen dari total pinjaman yang disetujui. Selain itu, beberapa bank ada yang memisahkan biaya provisi dengan biaya administrasi. Namun ada juga bank yang meniadakan biaya provisi tapi kemudian meminta pembeli untuk membayar biaya administrasi yang jumlahnya hampir sama dengan provisi.

Biasanya biaya provisi memang langsung dipotong dari uang pinjaman yang diberikan oleh bank. Biaya dipotong diawal muka ketika pinjaman bank sudah disetujui. Tetapi untuk biaya provisi KPR memiliki cara yang berbeda, yaitu pembeli harus membayar secara langsung kepada bank tanpa memotong dari jumlah pinjaman yang diberikan.

Dengan adanya diskon provisi, pembeli bisa merasakan keuntungan karena dapat menghemat jumlah pengeluaran untuk membeli rumah. Keuntungan ini bisa didapatkan di BTN Property Expo 2015 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan pada 15-22 Agustus 2015. Karena BTN Property Expo 2015 memberikan diskon provisi sebesar 50% untuk para pembeli. Tidak hanya diskon provisi, pembeli juga bisa mendapatkan diskon untuk premi asuransi jiwa. Tidak usah khawatir juga dengan biaya administrasi, karena disini bebas biaya administrasi. Hal ini membuat pembeli semakin bisa menekan pengeluaran pembelian rumah.

Selain itu pembeli juga tidak perlu merasa khawatir dengan proses persetujuan yang memakan waktu lama, karena di BTN Property Expo 2015 hanya membutuhkan waktu satu jam untuk proses persetujuan dengan persyaratan yang mudah. Jadi pembeli tidak hanya menghemat biaya, tetapi juga menghemat waktu.

Masih banyak lagi keuntungan yang bisa didapatkan di BTN Property Expo 2015, jadi langsung datang saja dan rasakan keuntungannya. (adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com