LIPI Sarwono Award 2015: Abdi 38 Tahun di Bidang Arkeologi Indonesia

Kompas.com - 24/08/2015, 18:48 WIB


Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memberikan penghargaan LIPI Sarwono Award kepada Prof. (Ris). Dr. Harry Truman Simanjuntak, seorang Arkeolog berprestasi Indonesia, pada Kamis (20/08/2015).

Penghargaan ini diberikan LIPI atas prestasi luar biasa Truman,panggilan akrab Harry Truman Simanjuntak, selama 38 tahun menekuni penelitian bidang arkeologi dan pengabdiannya untuk pengembangan kajian prasejarah di Indonesia.

Truman merupakan Doktor di Bidang Prasejarah sekaligus Peneliti dan Professor Riset pada Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Truman lahir di Pematang Siantar pada tanggal 27 Agustus 1951, dan merupakan anak ke-7 dari 11 bersaudara dari pasangan Yosia Simanjuntak dan Samaria Siahaan.

Masa kecil hingga remaja ia habiskan di Matio, sebuah kampung di pinggiran kota Pematang Siantar.

Setelah lulus SMA pada tahun 1970, ia melanjutkan studi dengan menjadi mahasiswa Fakultas Hukum di Universitas Sumatera Utara, Medan, atas arahan orang tuanya.

Namun, di tahun pertamanya ia memutuskan untuk pindah menuju Yogyakarta karena merasa passionnya adalah bidang sejarah dan arkeologi. Akhirnya, ketika kembali mengambil kuliah hukum di Universitas Atma Jaya pada tahun 1973 di saat bersamaan ia juga mendaftarkan diri di Jurusan Arkeologi, Fakultas Sastra Universitas Gajah Mada (UGM).

Truman merangkap kuliah hingga menyelesaikan Sarjana Muda Hukum, setelah itu ia memilih berkonsentrasi di bidang arkeologi hingga menyelesaikan pendidikan arkeologinya pada tahun 1979. Di akhir tahun 70-an, Truman menerima banyak tawaran pekerjaan arkeologi di lapangan, seperti pemugaran Candi Borobudur serta menjadi pengajar atau peneliti. 

Kemudian, ia bekerja di Balai Arkeologi Yogyakarta atas tawaran Profesor Dr. Soejono yang saat itu merupakan Kepala Pusat Penelitian Arkeologi Nasional sekaligus ahli prasejarah. Pada tahun 1986, ia mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan studi di Institut Paleontologie Humaine di Paris, Prancis. Di institut ini, Truman mendapatkan gelar masternya pada tahun 1987 dan kemudian menyelesaikan pendidikan doktor di institut yang sama pada tahun 1991.

Dalam perjalanan karirnya, Profesor Truman telah menghasilkan berbagai buku dan tulisan yang dimuat dalam jurnal ilmiah nasional dan internasional. Beberapa buku karangan Truman yang terkenal diantaranya Kehidupan Purba di Sangiran, Austronesian in Sulawesi, dan Arkeologi dan Etnografi Kalumpang, Sulawesi Barat. (adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com