Advertorial

Menghabiskan Liburan Akhir Tahun di Hokkaido, Jepang

Kompas.com - 26/08/2015, 08:58 WIB


Berencana menghabiskan liburan bersama keluarga di akhir tahun? Berlibur ke luar negeri, tentunya akan jadi pilihan yang sangat menyenangkan. 

Bagi Anda yang sudah pernah mengunjungi Jepang, kurang lengkap rasanya jika belum mengunjungi Hokkaido. Suasana Natal dan musim dingin akan memberi pengalaman baru dan sensasi tersendiri bagi Anda dan keluarga. 

Hokkaido yang dahulu bernama Ezo, adalah nama pulau dan nama salah satu prefektur di Jepang. Hokkaido adalah prefektur terbesar di Jepang. Kota terbesar di Hokkaido adalah Sapporo yang juga berstatus sebagai ibu kota prefektur.

Taman Lavender di hokaido (furano)

Selama ini kebanyakan wisatawan dari Indonesia yang berwisata ke Jepang pada umumnya hanya mengunjungi kota utama seperti Tokyo atau Osaka. Padahal di Hokkaido juga ada kota serta objek wisata yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, di antaranya:

Sapporo

Sebagai ibu kota dari Provinsi Hokkaido, Kota Sapporo adalah pusat dari administrasi, ekonomi dan budaya Jepang. Sapporo juga pernah menjadi tuan rumah untuk Olympic Games di tahun 1972. Bagi para wisatawan yang suka berbelanja, ada banyak sekali shopping center dan toko–toko yang buka hingga 24 jam, khususnya di daerah Susukino. Berbagai macam festival sering diadakan di Susukino. Festival Musim Panas Sapporo dan Festival Musim Dingin Sapporo yang rutin dilakukan setiap tahun dan sudah terkenal ke seluruh Jepang. Susukino adalah distrik “lampu merah” yang terkenal, disebut juga sebagai “Kota yang tidak pernah tidur” di Hokkaido. Daerah ini juga sangat aman untuk para wisatawan yang gemar mencari hiburan di malam hari.

Otaru Canal

Sapporo Odori Park

Taman ini merupakan taman kota yang membelah Sapporo menjadi bagian utara dan selatan. Taman yang juga berfungsi sebagai ruang hijau Kota Sapporo ini memiliki panjang +1.500 meter. Di bagian timur taman ini terdapat Menara Televisi Sapporo yang merupakan simbol dari Odori Park.

Sapporo sumer | Sapporo winter

Hakodate

Terletak di sebelah selatan Pulau Hokkaido, Hakodate menjadi salah satu dari kota pertama di Jepang yang membuka diri terhadap dunia barat. Suasana di kota ini terasa berbeda dengan arsitektur Eropa yang kental. Yang wajib Anda kunjungi adalah Hakodate Morning Market. Ini merupakan pasar tradisional yang cukup terkenal di antara warga lokal dan pengunjung dari luar. Pada tahun 1945, para petani membawa hasil pertaniannya seperti buah-buahan dan sayur-sayuran lalu menjualnya di depan stasiun Hakodate. Lokasi tersebut semakin meluas sampai sekarang. Pada akhirnya, pasar ini menjual segala macam kebutuhan pangan dari hasil laut, buah, sampai dengan sayuran langsung dari petaninya. Jika Anda ingin mencoba seafood segar dengan harga relatif murah, maka ini adalah tempat yang tepat. Tips untuk ke pasar ini, datanglah pagi-pagi benar.

Hakodate Fish Market

Hakodate night view Mt. Hakodate

Museum Ainu Shiraoi

Ainu adalah suku asli Pulau Hokkaido yang secara latar belakang kultural dan rasial berbeda dengan penduduk Jepang asli. Menurut beberapa keterangan, suku Ainu adalah keturunan dari ras Mongoloid yang memasuki pulau Jepang sebelum periode Jomon yang selanjutnya tergantikan dan berasimilasi dengan penduduk Jepang asli yang meluaskan pendudukannya ke wilayah utara. Saat periode Meiji (1868-1912), suku Ainu menerima status sebagai ‘former aboriginals’. Akan tetapi, suku Ainu pernah mengalami masa-masa diskriminasi selama beberapa tahun. Pada tahun 1997, ditetapkan sebuah undang-undang yang menyediakan dana penelitian dan pengembangan kebudayaan suku Ainu. Sayangnya, saat ini keberadaan suku Ainu sangat sulit ditemukan karena yang masih hidup jumlahnya sangat sedikit.

-

Jika Anda belum pernah ke Jepang sebelumnya, maka tidak ada salahnya mengunjungi negeri ini. Jepang dikenal sebagai negara yang menjunjung tinggi keramahan dan keteraturan, keindahan alam yang tiada tara, keunikan budaya, serta sejarah. Jepang juga memiliki berbagai jenis makanan yang patut dicoba dan sudah dapat diterima olah masyarakat Indonesia pada umumnya. Hokkaido dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda dan keluarga untuk berlibur. 

Mari ke Jepang bersama HIS Tours & Travel. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Jepang dan destinasi lainnya hubungi 021-5741701 atau kunjungi http://his-travel.co.id. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com