Advertorial

Kerja Sama Komite I DPD RI dengan Lembaga Negara untuk Pilkada Serentak

Kompas.com - 02/09/2015, 13:52 WIB

Dalam rangka membahas kesiapan Pilkada Serentak 2015, Komite I DPD RI menyelenggarakan rapat kerja pada hari Selasa (02/09/2015) di Ruang Rapat Komite I DPD, Kompleks MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, bersama KetuaKomisiPemilihanUmum (KPU)HusniKamilManik, KetuaBadanPengawasPemilihanUmum (Bawaslu)Muhammad, WakilKepalaKepolisianRepublik Indonesia (Polri)Budi Gunawan, dan KepalaBadanIntelijen Negara (BIN)Sutiyoso. Rapat kerja yang dipimpin oleh Ketua Komite I DPD RI AkhmadMuqowam, juga turut dihadiri oleh Wakil Ketua MPR Oesman Sapta.

Setelah mendengarkan pemaparan dari masing-masing lembaga negara. Komite I DPD pun menyatakanapresiasinyaterkaitpenjelasan perkembangan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2015 yang disampaikan oleh KPU, Bawaslu, Kepolisian RI, danBIN, sekaligus mengapresiasi upaya darimasing-masingLembaga untuk mesukseskan penyelenggaraan Pilkadaserentaktahun 2015.

Komite I DPD RI juga mendorong KPU untuk penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2015 mulaidari proses pemutahiran data pemilihdanpengumuman data pemilih, pencalonan, penetapanpasangancalon, identifikasimasalah-masalahterkaitdalampenetapanpasangancalon, pascapenetapanpasangancalon, denganantisipasisengketasesuai dengan jadwal dan ketentuan yang berlaku.

Selain itu, dukungan juga diturunkan untuk Bawaslu untuk melaksanakanfungsi pengawasan dalampenyelenggaraan Pilkada serentak, khususnya di dalam tahapan pencalonan; pengawasan kampanye, pemutahiran data pemilih, danpengumuman data pemilih.

Untuk Kepolisian RI, Komite I DPD RI mendorongKepolisian RI untukberorientasikepadasuksesPilkadaserentaktahun 2015, denganmelakukanberbagaikesiapantermasukapresiasiterhadapkomitmenKepolisian Negara Republik Indonesia dengannetralitasnyadalampelaksanaanPilkadaserentaktahun 2015.

Komite I DPD RI juga berharap agar BIN memberikan perhatian dan melaksanakandeteksi dini terhadap indikasi-indikasi terjadinya kerawanan di daerah yang dapat mengganggu proses penyelenggaraan Pilkada serentak, baik daerah-daerah yang memilki tingkat kerawanan tinggi, sedang, ataurendah, sekaligusmengapresiasikesiapan BIN denganpembentukanSatgasIntelijenTerpadu.

Untuk itu, Komite I DPD RI berharap kerja sama KPU, Bawaslu, Kepolisian, dan BIN dalam rangka mensukseskan penyelenggaraan Pilkada serentak Desember 2015. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com