Advertorial

Selanjutnya Teluk Tomini, Jantung Segitiga Terumbu Karang Dunia

Kompas.com - 17/09/2015, 09:09 WIB

Setelah Sail Bunaken, Banda, Wakatobi-Belitung, Morotai, Komodo, Raja Ampat. Selanjutnya, Teluk Tomini yang merupakan teluk terbesar ke-2 di Indonesia akan menyuguhkan keindahannya lewat Sail Tomini 2015. Teluk yang berada di Provinsi Gorontalo, Sulawesi Tengah tersebut memiliki luas sekitar 6 juta hektar.

Luas terumbu karang di Teluk Tomini sekitar 1.031 hektar dengan hamparan hutan mangrove sekitar 785,10 hektar. wilayah tersebut punya potensi sumber daya alam yang kaya dan unik. Selain kaya akan ikan, pulau-pulau kecil di sepanjang Teluk Tomini akan menyuguhkan pesona gradasi warna air laut dari hijau tosca ke biru. Makanya, tak heran jika Teluk Tomini tersebut dijuluki Surganya Sulawesi Tengah.

Keindahan Teluk ini akhirnya membawa Pemerintah membawa ajang Sail Indonesia selanjutnya ke teluk yang letaknya tepat berada di garis khatulistiwa dan memiliki ekosistem laut semi tertutup tersebut. Sail Tomini adalah bentuk kerja sama banyak pihak untuk membangun Indonesia sebagai negara maritim yang maju dan mandiri. 

Sail Tomini dan Festival Boalemo 2015

Rangkaian kegiatan Sail Tomini 2015 salah satunya adalah Festival Boalemo di Provinsi Gorontalo. Festival tersebut digelar beberapa hari sebelum pelaksanaan acara puncak Sail Tomini 2015, yakni pada 10 September 2015. Terdapat juga setidaknya 18 rangkaian acara yang akan digelar baik sebelum, saat acara puncak Sail Tomini 2015.

“Sail kali ini mengalami peningkatan partisipasi, baik dari Kementerian dan Lembaga, maupun dari kalangan BUMN, Swasta dan Masyarakat termasuk Baznas, IBM, Telkomsel, dll”, ujar Deputi V Kemenko PMK Bidang Kebudayaan Haswan Yunaz .

Seperti, upacara HUT ke-70 Kemerdekaan RI di pulau terluar, pelayaran lingkar nusantara V, percepatan pembangunan sarana dan prasarana, bhakti kesejahteraan rakyat nusantara, BUMN bina lingkungan Teluk Tomini, gerakan membangun kampung, lintas nusantara remaja dan pemuda bahari/kapal pemuda nusantara, ekspedisi riset kelautan, reli kapal layar (yacht rally), pengembangan potensi pariwisata, ekonomi kreatif dan budaya, gebyar batik tomini, wawasan kebangsaan dan bela negara, olahraga bahari, pameran potensi daerah hingga kegiatan-kegiatan daerah.

“ Ibu Menko PMK Puan Maharani sangat menekankan perlunya tindak lanjut pasca Sail Tomini 2015 ini guna menjamin keberlanjutan manfaatnya bagi masyarakat. Gotong royong melalui percepatan  pembangunan baik pariwisata, infrastruktur, sumber daya manusia dan kebudayaan yang berkelanjutan pada gilirannya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tutup Haswan.

Sail Tomini dan Festival Boalemo 2015 pada akhirnya diharapkan mampu mempromosikan wilayah Teluk Tomini dan mempercepat pembangunan daerah lewat sektor perikanan, kelautan, dan pariwisata. Agar Sail Tomini 2015 dapat berjalan dengan baik, seluruh kementerian, lembaga, pemerintah daerah, dan dunia usaha serta masyarakat akan bergotong-royong. Selain itu, kerja sama ini merupakan cerminan serta awal gerakan Revolusi Mental (integritas, etos kerja, dan gotong-royong) yang kini sedang digalakkan oleh Pemerintah. (adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com