Advertorial

Kehadiran Internet Fiber di Rumah Menjadi Semakin Penting

Kompas.com - 19/09/2015, 07:13 WIB

Kehadiran akses internet broadband di dalam rumah menjadi semakin dibutuhkan oleh semua anggota keluarga dengan tujuan dan jenis penggunaan masing-masing. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh UNICEF terhadap anak-anak dan remaja di Indonesia, terdapat tiga motivasi dari anak-anak dan remaja dalam mengakses internet. Ketiga motivasi tersebut adalah mencari informasi, tetap terhubung dengan teman-teman dan untuk mendapatkan hiburan. Kebutuhan mencari informasi melalui internet sering didorong oleh tugas-tugas sekolah. Dari seluruh responden usia 10 – 19 tahun dalam survey tersebut, lebih dari 79% di antaranya adalah pengguna internet. Akses internet saat ini sangat dibutuhkan dalam proses belajar dan mengajar yang efektif. Sedangkan kebutuhan untuk tetap terhubung dengan teman dan mendapatkan hiburan lebih didorong pada kebutuhan pribadi. Sehingga kehadiran akses internet di rumah semakin dibutuhkan oleh anak-anak dan remaja.

Kebutuhan dari anak tersebut mau tidak mau  memberikan dorongan bagi orang tua untuk menyediakan akses internet bagi anak-anaknya untuk mendukung proses belajarnya. Selain itu, semakin banyak orang tua yang juga sangat memerlukan akses internet di rumah karena kebutuhan pekerjaan atau profesi, kebutuhan untuk selalu terhubung dengan teman atau kerabat dan juga untuk mendapatkan hiburan di rumah.     

Para pengembang perumahan di Indonesia juga sudah menyadari hal tersebut. Para pengembang mulai mempersiapkan perumahan yang mempunyai akses internet menggunakan jaringan fiber optic sehingga mempermudah penghuninya untuk mendapatkan berbagai layanan digital bagi keluarga. Salah satu perumahan yang telah melakukan kerjasama dengan Telkom untuk penggelaran fiber optic untuk menyediakan layanan IndiHome adalah Permata Setiabudi Residence, Medan. Andri Lie sebagai wakil dari pengembang menyatakan ketertarikan menggunakan layanan IndiHome Fiber adalah digunakannya teknologi fiber optic. Teknologi ini memungkinkan akses internet dengan kecepatan sangat tinggi, sampai dengan 100 Mbps. Digital life style berbasis intenet yang saat ini telah menjadi trend, menjadi sangat terbantu. Layanan Interactive TV juga merupakan hal yang menarik karena menawarkan berbagai jenis channel hiburan dan edutainment yang saat ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pelanggan. Dengan layanan IndiHome, pelanggan juga dapat nelpon sepuasnya selama 1.000 menit dari telepon rumah, baik panggilan lokal maupun interlokal. Ketiga jenis layanan dalam satu paket IndiHome tersebut disebut dengan triple play.

Di Palembang, Perumahan Citra Grand City juga bekerjasama dengan Telkom untuk penyediaan layanan IndiHome menggunakan jaringan fiber optic, untuk memberikan layanan internet fiber yang berkualitas bagi penghuninya. Ilina yang mewakili pengembang pertumahan tersebut, menyatakan bahwa kredibilitas Telkom dalam menyediakan akses jaringan fiber optic hingga ke rumah pelanggan sangat penting. Kredibilitas Telkom tersebut memberi keyakinan yang kuat dalam melakukan kerjasama penyediaan layanan IndiHome. Dengan jaringan 100% fiber dan layanan triple play, Ilina sangat yakin bahwa kerjasama ini akan memberikan nilai lebih, tidak hanya bagi pelanggan atau penghuni perumahan tetapi juga bagi perkembangan bisnis properti di Sumatera Selatan.

Untuk meningkatkan layanan bagi pelanggan, saat ini pelanggan juga bisa mengusulkan wilayah atau area tempat tinggalnya untuk bisa dilayani IndiHome, khususnya menggunakan jaringan fiber optic. Usulan dapat disampaikan cukup melalui web http://vote.indihome.co.id

Selain layanan triple play, IndiHome juga menyediakan berbagai layanan tambahan (add-on). Salah satunya adalah IndiHome Automation yang menyediakan fungsi otomatisasi, agar rumah menjadi semakin nyaman dan aman bagi penghuninya. Pertama, terdapat IndiHome View yang merupakan surveillance camera, monitoring kondisi dari jarak jauh yang bisa diakses dari berbagai perangkat, termasuk dari ponsel pintar. Kedua adalah IndiHome Control, yaitu pengaturan secara otomatis dan jarak jauh terhadap untuk menghidupkan dan mematikan lampu, AC (air conditioner), televisi, dan berbagai  perangkat elektronik lain. Selain lebih nyaman, otomatisasi ini akan membuat konsumsi energi listrik di dalam rumah menjadi lebih efisien. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com