Membangun Kesejahteraan Masyarakat Melalui Sail Tomini 2015

Kompas.com - 20/09/2015, 09:23 WIB


Sail Tomini 2015 yang diadakan di kabupaten Parigi, Mountong, Sulawesi Tengah sampai pada puncak acaranya pada Sabtu (19/09/2015). Penyelenggaraan acara puncak ini dihadiri oleh Pesiden RI Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana. Acara ini juga turut dihadiri oleh Mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri dan jajaran Menteri Kabinet Kerja.

Misi utama Sail Tomini 2015 adalah mewujudkan percepatan pembangunan daerah kepulauan, baik infrastruktur maupun sumber daya manusia dan kebudayaan, guna mewujudkan negara maritim yang maju dan kuat,” terang Puan Maharani dalam sambutannya di puncak acara Sail Tomini 2015.

Berlokasi di Pantai Kayubura, desa Pelawa Baru, acara puncak Sail Tomini dimeriahkan dengan rangkaian acara, seperti pagelaran karya seni dan budaya kolosal dengan 1000 orang penari. Tak hanya itu, acara ini juga menampilkan sailing pass 45 kapal termasuk enam kapal perang sahabat, atraksi pesawat Sukoi, dan helly water jump.

Pameran potensi daerah juga tak luput dari kemeriahan acara puncak Sail Tomini 2015. Pameran yang diikuti oleh sejumlah daerah dari Sulawesi Tengah maupun dari luar daerah, memiliki arti penting dalam pemasaran produk-produk unggulan. Tentu saja hal tersebut untuk membangun perekonomian daerah melalui promosi dan publikasi.

Sail kali ini terjadi peningkatan partisipasi baik dari kementerian dan lembaga, maupun dari kalangan BUMN,swasta, dan masyarakat termasuk Baznas, IBM, Telkomsel, dan lain-lain,” ujar Deputi V Menko PMK bidang Kebudayaan Haswan Munaz.

Sail Tomini 2015 ini diharapkan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Setelah Sail Tomini 2015, Jokowi memerintahkan agar Sail Tomini ditindaklanjuti dengan berbagai kegiatan yang mendukung laju pariwisata. “Kemas semua produk pendukung pariwisatanya dengan baik seperti souvenir, kualitas seni dan budaya yang ditampilkan, promosi dan infrastruktur pendukung lainnya,” tutupnya. (adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com