Pembangunan Berkelanjutan Dimulai dari Sail Tomini 2015

Kompas.com - 24/09/2015, 08:52 WIB


Salah satu usaha untuk meningkatkan pembangunan di daerah tertinggal dan pesisir ialah penyelenggaraan Sail Tomini 2015. Berlokasi di kabupaten Parigi, Moutong dan kabupaten Bualemo, Sulawesi Tengah acara ini merupakan upaya percepatan pembangunan melalui infrastruktur, pariwisata, sumber daya manusia dan kebudayaan.

Sail Tomini 2015 sebagai acara internasional bertujuan untuk menarik wisatawan sekaligus mendukung upaya pemerintah untuk pembangunan berkelanjutan di wilayah tersebut. Hal ini tak lepas dari penyelenggara yaitu Kementrian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) bersama 25 Kementerian dan Lembaga, Pemda provinsi Sulteng dan Gorontalo, dunia usaha dan masyarakat untuk bersama-sama secara sinergis membangun Indonesia sebagai negara maritim yang maju dan mandiri.

”Sail kali ini terjadi peningkatan partisipasi baik dari kementerian dan lembaga, maupun dari kalangan BUMN, swasta dan masyarakat termasuk Baznas, IBM, Telkomsel dan lain-lain,” ujar Deputi V Kemenko PMK bidang Kebudayaan, Haswan Yunaz.

Menurut beliau, Puan Maharani sebagai Menko PMK juga sangat menekankan perlunya tindak lanjut pasca Sail Tomini 2015. Hal tersebut guna menjamin keberlanjutan manfaatnya bagi masyarakat. Dengan semangat gotong royong melalui percepatan pembangunan baik pariwisata, infrastruktur, sumber daya manusia dan kebudayaan yang berkelanjuan pada gilirannya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Acara Puncak yang telah digelar tanggal 19 September 2015 tersebut akan menjadi awal bagaimana pemerintah daerah akan berperan memelihara seluruh fasilitas yang telah dibangun, meningkatkan destinasi wisata dan kunjungan wisata baik dalam negeri maupun internasional. (adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com