Perwujudan Aspirasi Daerah Dalam Rangka Percepatan Pembangunan Daerah

Kompas.com - 29/09/2015, 17:23 WIB


Tangerang, Selasa (29/9/2015). DPD RI menggelar Rapat Konsolidasi Provinsi Banten dengan para Pemangku Kepentingan di Daerah. Rapat ini digelar dengan tujuan untuk Perwujudan Aspirasi Daerah dalam Rangka Percepatan Pembangunan Daerah khususnya Provinsi Banten. Agar anggota DPD RI Provinsi Banten bisa bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Banten beserta para Stakeholders dalam membangun daerah.

Acara ini dihadiri oleh Ketua DPD RI Irman Gusman, Anggota DPD Banten (Ahmad Sadeli Karim, Ahmad Subadri, Habib Ali Alwi, dan Andiara Aprilia Hikmat), Gubernur Banten Rano Karno, Perwakilan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Halawi Abdul Hamid, Dirjen Menteri Perindustrian (Menperin) Imam Haryono, Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Dadang Rizki Ratman, dan Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Sholeh Hidayat.

Acara dimulai dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Pembacaan Doa, dan dilanjutkan dengan Ucapan Selamat Datang oleh Anggota DPD RI Provinsi Banten Ahmad Subadri, serta sambutan dari Gubernur Banten Rano Karno. Dalam kata sambutannya, Rano Karno menegaskan bahwa pencatatan kemiskinan, pembangunan infrastruktur, dan penyelanggaraan pendidikan menjadi perhatian utama Pemerintah Provinsi Banten dalam pembangunan.

Kemiskinan paling menjadi sorotan dalam pembangunan Provinsi Banten. Meski Banten memiliki pertumbuhan ekonomi yang pesat mencapai 5,66%, dan mempunyai nilai ekspor sebesar 9,48 milliar dollar AS, namun angka kemiskinannya justru terbilang tinggi. Pada tahun 2013 angka kemiskinan Provinsi Banten tercatat sebesar 656. 243 jiwa. Jumlah pengangguran di Banten juga terbilang tinggi, yaitu sebesar 552. 895 jiwa.

Maka dari itu, DPD RI mendorong percepatan pembangunan Provinsi Banten untuk menekan kemiskinan, pengangguran, dan keterbelakangan. "DPD sebagai wakil daerah bertugas untuk memerdekakan Banten dari kemiskinan, pengangguran, dan keterbelakangan" ujar Ketua DPD RI Irman Gusman. Dalam pidato pembukaan Rapat Konsolidasi Anggota DPD RI Provinsi Banten, Irman juga memaparkan peran dan fungsi DPD RI sebagai wakil daerah untuk memperjuangkan kepentingan daerah. Irman mengatakan "DPD mempunyai legitimasi penuh untuk berjuang demi kepentingan daerah tanpa mengenal latar belakang politiknya". Irman juga menegaskan bahwa dengan digelarnya rapat ini.

Ada lima sektor pembangunan yang jadi prioritas yakni Pemukiman, Perindustrian, Kesehatan, Pariwisata, serta Pendidikan. Dalam paparannya, Menteri Kesehatan Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek mengatakan bahwa faktor kesehatan adalah yang paling utama dalam pembangunan “kita semua tentu mengharapkan semua masyarakat itu sehat. Karena masyarakat yang sehat akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan produktif. Maka, saya mengharapkan hulu dalam pembangunan daerah adalah kesehatan” ujar Nila. (adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com