Transformasi PT Arkon Prima Indonesia dari World Class Steel Fabricator menjadi World Class Solutions Provider dengan IFS Applications 9

Kompas.com - 30/09/2015, 09:02 WIB


Jakarta,  September 2015

PT. Arkon Prima Indonesia (Arkon), sebagai salah satu pemimpin dalam industri steel fabricator berskala global, saat ini sedang melakukan proses transformasi bisnis dari industri manufaktur berbasis proyek, menjadi perusahaan penyedia solusi dibidang energi, pangan, dan infrastruktur. Keseluruhan komponen pendukung aktifitas bisnis, dari sistem perusahaan sampai kepada sisi human capital, ditransformasi secara komprehensif dan holistic melalui berbagai program dan proyek strategis yang saat ini sedang digadang oleh perusahaan sebagai bentuk nyata untuk terus memiliki nilai niche dan competitiveness yang tinggi dalam menjaga kepuasan pelanggan sembari melebarkan pasar. Untuk itu, dibutuhkan tools dalam proses perubahan yang terjadi di Arkon. Pemilihan tools (alat) yang berupa sistem ERP diwarnai dengan perjalanan panjang yang dilakukan dalam satu tahun terakhir, dengan melibatkan 3 vendor ERP terbaik di dunia.

IFS Applications 9 dipilih Arkon berdasarkan kelengkapan fungsi dan kemampuan aplikasi ini dalam mengakomodir proses bisnis Arkon baik saat ini maupun masa mendatang. Solusi yang akan diimplementasikan oleh tim PT. IFS Solutions Indonesia (IFSSI) perwakilan IFS Swedia di Indonesia adalah solusi yang berbasis proyek (Project Based Solutions) yang menjadi salah satu fokus industri dan keunggulan IFS.

“IFS Applications ibarat senjata yang dibutuhkan Arkon untuk menghadapi tantangan bisnis di masa depan dan juga senjata yang mampu memudahkan jalan untuk menggapai cita-cita PT. Arkon Prima Indonesia, selain itu IFS Applications diharapkan bisa menjadi business enabler dalam proses transformasi PT Arkon Prima Indonesia dari perusahaan yang berbasis proyek menjadi perusahaan berbasis solusi”, kata Ari Slamet Notokoesoemo, Direktur Utama PT. Arkon Prima Indonesia dalam sambutannya saat acara penandatanganan kontrak kerjasama antara PT. Arkon Prima Indonesia dengan PT. IFS Solutions Indonesia. Sutan Simandjuntak, Presiden Direktur IFSSI dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa “IFSSI berterima kasih dan bangga bisa mendapatkan kepercayaan dari PT. Arkon Prima Indonesia sebagai mitra kerja dalam berkontribusi mempercepat pencapaian visi bisnis Arkon ke tingkat yang lebih tinggi.”

IFS Applications 9 adalah versi terbaru dari aplikasi ERP IFS yang baru saja diluncurkan pada bulan Mei lalu di Boston dan mempunyai banyak kelebihan dibanding versi pendahulunya, antara lain user experiences yang lebih intuitif dan peningkatan fungsi dari aplikasi ini. Dua fitur yang menarik misalnya IFS Lobby dan IFS Talk. IFS Lobby adalah tampilan pembuka dimana pengguna dapat melihat informasi secara summary , dalam tampilan berupa grafis dan key-metrics, sebelum kemudian melihat lebih detil. Fitur ini bertujuan untuk meningkatkan real time visibility dari bisnis sehingga pengguna bisa mengetahui situasi bisnis dan melakukan perencanaan dengan cepat. Sedangkan IFS Talk adalah fitur kolaborasi antar pengguna aplikasi IFS yang memungkinkan pengguna berkomunikasi seperti layaknya menggunakan media sosial.

IFSSI sendiri adalah satu-satunya perusahaan perwakilan IFS AB Swedia di Indonesia yang bertanggung jawab dalam penjualan dan implementasi aplikasi IFS. IFSSI berdiri di tahun 1997 dan pernah menjadi salah satu pusat R&D IFS di dunia. Saat ini IFSSI sudah memiliki lebih dari 60 pelanggan dan terlibat dalam implementasi IFS di beberapa negara di dunia. (Adv)

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com