Menyelamatkan Pesisir Tanjung Mas

Kompas.com - 20/10/2015, 16:19 WIB


Desa Tambakrejo, Kelurahan Tanjung Mas, Semarang, merupakan salah satu desa yang lokasinya berdekatan dengan Terminal BBM Pertamina Pengapon. Desa yang berada di kawasan pesisir Kota Semarang ini merupakan salah satu lokasi yang terkena dampak abrasi cukup parah. Abrasi telah menyebabkan rusaknya tempat usaha dan perekonomian warga yang sebagian besar menggantungkan hidupnya sebagai nelayan dan petani tambak.

Sebuah upaya pembentukan green belt secara mendesak diperlukan untuk memperbaiki kondisi kritis ini. Oleh sebab itu, Pertamina bekerja sama dengan Universitas Negeri Semarang mengajak masyarakat Desa Tambakrejo agar secara aktif terlibat dalam upaya konservasi mangrove sebagai upaya perlindungan kawasan pesisir kelurahan Tanjung Mas.

Pelibatan masyarakat dilakukan melalui pembentukan kelompok tani Cinta Alam Mangrove Asri dan Rimbun (CAMAR), pelatihan, dan pendampingan. Tak hanya memperbaiki kerusakan akibat abrasi, upaya konservasi mangrove oleh masyarakat Desa Tambakrejo juga telah memberikan dampak positif lain.

Ada empat manfaat upaya perlindungan kawasan pesisir Desa Tambakrejo yang sudah dilakukan Pertamina. Pertama, memperbaiki dampak abrasi terhadap kawasan pesisir Desa Tambakrejo. Kedua, meningkatkan kesadaran masyarakat pesisir Desa Tambakrejo dalam konservasi ekosistem mangrove. Ketiga, meningkatkan keanekaragaman hayati. Keempat, memperbaiki perekonomian masyarakat berpencaharian nelayan dan petani tambak. [*/INO]

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com