Advertorial

Irman Gusman: Daerah Harus Punya Daya Saing untuk Tarik Investor

Kompas.com - 23/10/2015, 09:07 WIB

Ketua DPD RI Irman Gusman mengatakan pembangunan di daerah dapat diwujudkan dengan  sebuah investasi. Menurutnya, investasi dapat muncul jika daerah tersebut punya daya tarik bagi investor. Daya tarik tersebut berupa daya saing yang tinggi dan kemandirian.

Irman berharap setiap setiap pemerintah daerah dan berbagai unit usahanya, seperti BUMD, harus selalu berinovasi memanfaatkan peluang investasi.

“Untuk menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean), setiap daerah harus melakukan SWOT analisis untuk meningkatkan daya saing. Daya saing harus ditingkatkan untuk dapat menarik  investasi. Tantangan kita adalah untuk selalu meningkatkan daya saing dan manajemen daerah untuk dapat meningkatkan persaingan,” tutur ia dalam sambutannya di Rapat Kerja Nasional BUMD di Hotel Mercure (20/10/2015).

Salah satu indikator suatu daerah mandiri, menurut Irman, adalah tidak adanya kebergantungan daerah terhadap anggaran dari negara. Pemasukan tidak hanya diperoleh dari negara, tetapi juga melalui pendapatan daerah, mulai dari pengelolaan sektor pariwisata, sektor transportasi, ataupun sektor perdagangan. Peranan kepala daerah juga memegang faktor penting dalam menarik investor ke suatu daerah.

“Setiap kepala daerah harus bertindak proaktif dan ‘menjemput bola’ sendiri agar tercipta daerah yang mandiri. Apabila suatu daerah telah mandiri, maka daerah itu akan menciptakan banyak peluang kerja sehingga percepatan ekonomi akan meningkat,” ujar Anggota DPD RI dari Sumatera Barat ini.

Irman mengatakan, hal utama yang dilihat oleh para investor adalah kemudahan dalam hal pemberian izin.

“Efisiensi, akuntabilitas, dan transparansi merupakan hal yang penting. Selain itu, kondisi stabilitas politik di daerah juga dapat mempengaruhi ketertarikan investor. Oleh karena itu ciptakan stabilitas politik yang aman di daerah,” ucap Irman. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com