Menuju Swasembada

Pangan 2017

Kementerian Pertanian Republik Indonesia bertekad untuk mewujudkan pertanian industrial unggul berkelanjutan berbasis sumber daya lokal demi meningkatkan kemandirian pangan, ekspor dan kesejahteraan petani.

Josephus Primus - Bupati Subang Ojang Sohandi
Jumat, 6 November 2015

Subang Tak Terpengaruh El Nino



KOMPAS.com - Kabupaten Subang adalah salah satu kabupaten di Jawa Barat yang tak terpengaruh fenomena alam El Nino. Bupati Subang Ojang Suhandi pada pergelaran Gelar Teknologi Pertanian Modern yang berlokasi di tengah areal persawahan Desa Gardumukti, Kecamatan Tampakdahan, Subang‎, pada 20 Oktober 2015 silam, mengatakan hal itu. "Sebagian besar masyarakat di Kabupaten Subang tidak terpengaruh El Nino," kata Ojang.

Ia menyampaikan catatan, ada patokan target panen padi 1,2 juta ton sampai dengan akhir 2015. Tapi, menurut Ojang, Sampai dengan Oktober, panen padi di Sudang sudah menyentuh angka 1,37 juta ton. "Jadi, kami bisa ekspor," katanya.

Sementara itu, total luasan panen mencapai 70.000 hektar. Ada tiga kecamatan yakni Pusakanagara, Pamanukan, dan Legon Kulon yang juga tengah mempersiapkan diri untuk panen padi.