Advertorial

Mencicipi Kemajuan Cirebon, Mulai Tol Cipali hingga Empal Gentong

Kompas.com - 11/11/2015, 16:29 WIB

Wajah Kota Cirebon menunjukkan perubahan yang semakin baik selama 10 tahun terakhir. Ketua DPD RI Irman Gusman mengungkapkan, kemajuan itu salah satunya terasa setelah adanya jalan Tol Cikopo - Palimanan (Cipali).

Keberadaan Tol Cipali menjadi akses alternatif menuju kota udang tersebut. Melalui jalan tol itu, waktu perjalanan dari Jakarta menuju Cirebon menjadi lebih singkat. Itu sebabnya, Irman mengatakan, pembangunan infrastruktur ini menunjukkan kemajuan pesat pada Kota Cirebon.

"Dulu menuju Cirebon bisa lima sampai enam jam. Sekarang bisa dua jam,  sambil tidur pula," canda Irman.

"Artinya infrastrukturnya baik sekali," kata ia di selasar Keraton Kasepuhan Cirebon, Selasa (10/11/2015).

Cirebon juga kini semakin menonjol sebagai kota perdagangan, pendidikan, wisata sejarah, sampai wisata kuliner. Ya, kuliner khas Cirebon yang beragam memang menjadi favorit turis lokal maupun mancanegara. Nasi Jamblang, Mie Koclok, dan Empal Gentong adalah tiga di antaranya. Kuliner khas ini pun disantap Irman bersama Sultan Sepuh ke-14 Keraton Kasepuhan Cirebon Arif Natadiningrat dan Anggota DPD RI asal Jawa Barat Aceng Fikri.

Irman mengatakan, Cirebon telah mengalami kemajuan selama sepuluh tahun terakhir. Bentuk kemajuan lainnya juga tampak pada rencana pembangunan Pelabuhan Cirebon yang akan diperbarui sehingga naik kelas menjadi sepadan tingkat internasional.

Soal pemekaran Cirebon menjadi provinsi, Irman menyatakan itu hanya urusan teknis.

"Yang penting sekarang sejahtera dulu. Ada 300 ribu penduduk Cirebon, tetapi 40 ribu di antaranya masih berstatus miskin," tutur ia.

Untuk itu, menurut Irman perbaikan ekonomi dan infrastruktur masih perlu dilakukan. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com