Advertorial

7 Cara Menikmati Kota Minyak Balikpapan dengan Menyenangkan

Kompas.com - 16/11/2015, 14:22 WIB

Tak hanya dikenal sebagai kota industri, Balikpapan juga kerap disapa akrab sebagai Kota Minyak. Beragam perusahaan minyak dan gas alam dunia menghiasi kiri dan kanan jalan. Bahkan pemandangan khas dari pinggir lautnya pun berupa kilang minyak lepas pantai dan kapal tanker.

Keadaan ini membuat banyak orang kerap berpikir dua kali untuk sengaja mengunjungi Balikpapan dalam rangka berlibur karena kota ini lebih sering menjadi destinasi bisnis. Balikpapan tidaklah sejauh yang Anda kira, apabila Anda sendiri tinggal diluar Kalimantan, Anda bisa menggunakan banyak promo yang ditawarkan untuk terbang ke Balikpapan. Maskapai seperti Citilink adalah maskapai yang menerbangi Balikpapan. Anda bisa pesan dengan mudahnya di salah satu website sekelas Traveloka. Mungkin banyak situs lain yang menyediakan penjualan tiket, namun Traveloka adalah salah satunya yang menyediakan promo yang akan membawa Anda terbang bersama Citilink menuju Balikpapan.

Terlepas apakah Anda mengunjungi Balikpapan untuk urusan bisnis, sekadar ikut kerabat/keluarga terbang ke Balikpapan untuk berbisnis, atau memang sengaja datang untuk liburan – berikut ini ada 7 aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan untuk menikmati Balikpapan dengan menyenangkan.

1. Berburu seafood

Letak kota yang berdekatan dengan Selat Makassar menjanjikan makanan laut yang beragam dan super segar. Tak heran jika dalam setiap 300 ratus meter sekali kita dapat menemukan setidaknya satu rumah makan seafood. Mau restoran kecil sampai besar, menu makanan laut seakan tak pernah ketinggalan.

Tak sah rasanya ke Balikpapan tanpa menyicipi makanan lautnya, terutama kepiting yang sangat populer. Restoran rujukan teratas yang patut Anda coba adalah Restoran Kepiting Dandito, Restoran Kepiting Kenari, Ocean Restaurant, Rumah Makan Torani, Restoran Selat Makassar, dan Raja Udang.

2. Santai di pinggir pantai

Pantai merupakan objek wisata yang sangat ramai di Balikpapan. Jika Anda ingin nongkrong memandangi laut sembari menyicipi aneka makanan gerobakan yang asyik, maka kunjungilah Pantai Melawai yang semakin malam semakin ramai. Pantai Kemala hadir dengan banyak restoran yang dikemas bergaya ala Jimbaran - Bali. Pantai Manggar nampak menarik dengan nuansa yang mengingatkan kita pada Pantai Kuta – Bali. Untuk suasana yang lebih tenang, bisa mencoba Pantai Indah Angkasa. Ingat es kelapa!

3. Berenang di Carribean Island Water Park

Berhubung pantai di Balikpapan kurang sempurna untuk berenang, maka kita bisa menikmati permainan air di The Carribean Island Water Park Balikpapan. Taman air bertema bajak laut ini digadang-gadang sebagai yang terbesar di Indonesia Timur. Biaya masuknya murah, yaitu Rp25.000 (pelajar), Rp45.000 (dewasa) dan Rp60.000 (dewasa pada akhir pekan). Selamat menikmati aneka wahana airnya yang penuh warna!

4. Mengunjungi cagar alam

Kalimantan selalu identik dengan hutan karena pulau ini memiliki lahan hijau terluas di Indonesia. Anda bisa menikmati Balikpapan dengan mengunjungi cagar alam yang terdapat di kota ini. Hutan Lindung Sungai Wein, dan Penangkaran Buaya Teritip adalah dua nama yang paling populer.

Selain itu, singgahlah ke Taman Nasional Bukit Bangkirai untuk melihat langsung jembatan kanopi terpanjang dan pertama di Indonesia sembari memandangi kekayaan flora dan fauna lokalnya. Jangan lupa untuk mengunjungi penangkaran sang maskot kota “beruang madu”di Kawasan Wisata Pendidikan dan Lingkungan Hidup (KWLPH) Balikpapan. Jika ingin menyaksikan orang utan bercengkrama, pastikan Anda mampir ke Samboja.

5. Melepas malam di Taman Bekapai

Menjelang malam tiba, Anda bisa menikmati waktu di Taman Bekapai. Taman kota ini sangat asri dan selalu ramai dengan aneka kios makanan gerobakan yang murah dan lezat. Rujak cingur, jagung bakar, dan salome adalah makanan khas yang pasti ada. Taman kota yang asri dengan kilau lampu warna-warni yang meriah ini juga sudah didukung koneksi wifi gratis. Untuk memeriahkan malam, Anda bisa membawa gitar dan bernyanyi santai. Tak jauh dari taman, ada Mall Plaza Balikpapan yang sudah memiliki Blitz Megaplex.

6. Belanja kerajinan lokal di Pasar Kebun Sayur

Selain singgah di mall, Anda juga harus pernah mengunjungi Pasar Kebun Sayur. Pasar tradisional yang terletak di pusat kota ini menyediakan aneka hasil kerajinan lokal, mulai dari anyaman monte, pajangan kayu, alat musik khas Balikpapan hingga kain tradisional. Selain koleksinya lengkap, harganya tentu bisa ditawar.

7. Cicipi bolu gulung dan cupcake buah naga

Buah naga adalah salah satu buah populer di Balikpapan. Camilan khas olahan buah tersebut yang cukup unik adalah bolu gulung dan cupcake buah naga. Bolu gulung buah naga bisa Anda temukan di pusat oleh-oleh Gulung Jenebora, dekat mall BSB. Sementara untuk cupcake buah naga bisa ditemukan di Toko Browniesku, Komplek Tamansari Bukit Mutiara.

Terbukti kan ada banyak hal menarik yang bisa kita lakukan untuk menikmati kota Balikpapan? Oleh karena itu, pastikan kota ini masuk dalam daftar destinasi liburan Anda, dan bekalilah diri dengan tiket pesawat Citilink untuk bisa terbang murah, aman, dan nyaman ke kota minyak ini. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com