Menkomaritim: "Social Security Sistem" Kunci Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan

Selasa, 17 November 2015
Afrian Malik/KOMPAS.com Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli, pada kunjungan kerja di kampung nelayan Karangsong, Indramayu, Jawa Barat, Selasa (17/11/2015).
INDRAMAYU, KOMPAS.com - Social Security System dapat menjadi kunci untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan di Indonesia. Demikian dikatakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli, pada kunjungan kerja di kampung nelayan Karangsong, Indramayu, Jawa Barat, Selasa (17/11/2015).

Rizal mengatakan, Presiden Jokowi ingin membangun bangsa Indonesia sebagai bangsa maritim. Namun, untuk mewujudkan itu perlu adanya jaminan sosial bagi masyarakat nelayan saat ini.

"Tentunya, hal itu tidak akan terwujud apabila masih banyak masyarakat nelayan yang jauh dari kesejahteraan. Karena itulah, melalui BPJS Ketenagakerjaan sebagai social security system nantinya para nelayan akan lebih terjamin saat melaut mencari ikan," ucap Rizal usai prosesi penyerahan simbolik kesepuluh nelayan di Desa Karangsong, Indramayu, Jawa Barat.

Menurut Rizal, bangsa Indonesia dapat kembali pada kejayaan kelautannya seperi di masa Sriwijaya ataupun Majapahit yang berhasil menaklukan hingga ke laut Thailand pada masa itu. Bahkan, di masa Presiden Franklin D Roosevelt pun Amerika Serikat melakukan program social security system untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Saat ini, lanjut Rizal, sebagai langkah awal sebanyak 1.000 nelayan di Indramayu akan diberikan BPJS Ketenagakerjaan gratis selama enam bulan pertama. Selanjutnya setiap nelayan akan dikenakan iuran sebesar Rp 16.800 perbulan.

"Setiap bulan dengan iuran Rp 16.800 para nelayan akan mendapatkan jaminan sosial untuk kecelakaan kerja dan kematian," ujarnya.

BERITA TERKAIT