Berencana Nikah Muda? Ini 3 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Akhirnya Menikah

Kompas.com - 18/11/2015, 08:00 WIB


Keinginan Anda untuk menikah mudah memang semakin kuat. Tapi ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan pertimbangkan secara matang.
 

Belakangan ini, menikah di usia muda (awal usia 20 tahunan) sedang menjadi tren tersendiri. Diikuti dengan anjuran para pemuka agama, menikah muda memang menjadi pilihan yang tepat bagi pria dan wanita yang ingin menjalin hubungan kasih tanpa terbelenggu rasa dosa. Mungkin Anda termasuk salah satu yang ingin menikah muda? 

Sebelum Anda akhirnya memutuskan untuk nikah muda, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan persiapkan matang-matang. Bukan cuma mengenai pesta pernikahannya saja, justru kehidupan setelah menikah lah yang lebih penting untuk dipersiapkan. Berikut ini adalah yang harus Anda persiapkan sebelum akhirnya mengambil keputusan tersebut: 

Punya Pekerjaan & Penghasilan Tetap

Entah Anda seorang karyawan atau wiraswasta, punya pekerjaan dan penghasilan yang tetap sangat penting sebelum akhirnya menikah. Anda perlu punya finansial yang matang untuk kebutuhan hidup berumah tangga kedepannya. Dengan punya penghasilan yang tetap, Anda bisa menabung untuk kebutuhan buah hati nantinya. 

Tempat Tinggal Setelah Menikah

Tidak bisa dipungkiri, dalam kehidupan berumah tangga memang lebih baik sepasang suami-istri tinggal berdua di tempat yang baru, terpisah dari orang tua masing-masing. Selain karena lebih privat, tinggal di rumah sendiri juga membuat Anda dan pasangan bisa lebih mandiri tanpa masih diatur orang tua. Dengan kata lain, sebelum menikah Anda dan pasangan sudah harus menyiapkan di mana nanti akan tinggal. Anda bisa memilih beli rumah, sewa apartemen, atau bahkan tinggal di kos-kosan, semua tergantung kondisi finansial Anda dan pasangan. 

Mempersiapkan Perlengkapan Bayi

Pasangan yang menikah di usia muda memiliki kemungkinan untuk lebih cepat hamil yang cukup besar, karena pada usia tersebut memang termasuk masa-masa subur. Untuk Anda yang ingin nikah muda dan berencana cepat-cepat punya anak, Anda harus mempersiapkan segala kebutuhan saat kehamilan, termasuk perlengkapan bayi. 

Harga perlengkapan bayi juga tidak murah. Selain harus menabung, Anda juga sebaiknya pilih perlengkapan bayi dengan harga yang murah tapi tetap berkualitas. Oleh karena itu, membeli perlengkapan bayi secara online di toko online besar, seperti MatahariMall sangat pas untuk Anda. 

Tidak hanya murah, MatahariMall juga menyediakan berbagai macam promo & diskon untuk perlengkapan bayi. Jika ingin lebih hemat lagi, Anda bisa membelinya dengan menggunakan voucher potongan harga. Untuk mendapatkan voucher tersebut, Anda cukup daftarkan email di MatahariMall dan jangan lupa pantau terus social media-nya, karena mereka sering bagi-bagi voucher. Menyenangkan sekali, bukan? 

Kabar gembira lainnya, MatahariMall akan mengadakan promo & diskon terbesar dan tergila se-Indonesia untuk merayakan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang jatuh tepat pada tanggal 12 Desember 2015 mendatang. Jadi, ayo manfaatkan kesempatan ini untuk membeli barang-barang persiapan pernikahan dan untuk kehidupan setelah menikah nanti. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com