Great Barrier Reef, Surga Kehidupan Bawah Laut

Kompas.com - 25/11/2015, 17:14 WIB


Terbayang tidak? Bagaimana rasanya menyelam di suatu perairan dangkal, dengan air yang jernih seperti kristal, ditemani oleh ikan – ikan yang berenang mengelilingi Anda, lalu menikmati pemandangan indah nan menakjubkan dari hamparan terumbu karang yang berwarna – warni. Ah! Seperti berada di dunia mimpi, keindahan alam bawah laut yang menakjubkan seperti itu bagai tidak ingin bangun dalam mimpi indah.

Tapi tunggu dulu! Tempat yang baru saja dijelaskan di atas bukanlah suatu khayalan belaka. Ya, tempat seperti itu benar adanya, semua deskripsi yang disebutkan di atas sungguh menggambarkan keadaan yang sebenarnya.  Merupakan sebuah surga bagi Anda pecinta keindahan akan kehidupan bawah laut. Penasaran seperti apa?

Namanya adalah Great Barrier Reef, Sebuah garis pantai sepanjang 2,300 kilometer di utara Queensland, Australia. Great Barrier Reef adalah sebuah sistem terumbu karang terbesar di dunia, yang memiliki 2, 900 terumbu karang individual, dan lebih dari 150 spesies hewan bawah laut. Dikelilingi oleh 600 pulau kecil, Great Barrier Reef memiliki sepertiga dari habitat terumbu karang di dunia.

Disebut sebagai salah satu keajaiban dunia alami, Great Barrier Reef adalah sebuah “permadani” yang kaya akan terumbu karang. Rata – rata terumbu karang yang hidup di The Reef berusia jutaan tahun. Selain itu, keanekaragaman kehidupan laut yang ada di The Reef begitu luar biasa, yang tergabung dalam suatu bagian dari ekosistem yang begitu besar. Saking besarnya, Great Barrier Reef bisa terlihat dari luar angkasa.  

Great Barrier Reef merupakan surga bagi para pennyelam, di mana Anda dapat menemui 1,600 spesies ikan, 400 spesies terumbu karang keras, dan 150 spesies terumbu karang lunak, yang semuanya membentuk sebuah kehidupan bawah laut yang spektakuler. Tidak hanya itu! The Reef juga merupakan rumah bagi lumba – lumba, kuda laut, hiu, dan aneka unggas.

Great Barrier Reef merupakan tempat bagi  enam dari tujuh jenis penyu laut, yang semuanya dianggap sebagai hewan yang terancam punah. Selama musim kawin hewan-hewan ini bertelur di banyak pulau karang, dan beberapa bagian pantai.

Perairan hangat dari Great Barrier Reef juga digunakan sebagai area penangkaran paus. Setiap tahunnya, dalam kurun waktu bulan Agustus hingga November, beberapa Paus Bungkuk bermigrasi dari Antartika untuk melahirkan anak mereka di The Reef.  Selain itu Paus Minke Antartika dan Paus Dwarf juga sering ditemukan di perairan Great Barrier Reef. Para wisatawan yang berkunjung pada umumnya menyaksikan hewan – hewan ini dari kapal pesiar, dan menjadi pengalaman sekali seumur hidup.

Great Barrier Reef juga kaya akan nilai sejarahnya. Tercatat lebih dari 70 marga tradisional Aborigin dan Torres Strait Islander berbagi hubungan dengan lanskap The Reef, yang leluhurnya dapat ditelusuri kembali lebih dari 50.000 tahun yang lalu.

Great Barrier Reef dikelola oleh Great Barrier Reef Marine Park Authority (GBRMPA), dan secara luas diakui sebagai salah satu kawasan perlindungan laut yang dikelola terbaik di dunia. Pada tahun 1981, Great Barrier Reef terdaftar sebagai Kawasan Warisan Dunia, juga tercatat sebagai sebuah contoh luar biasa dari sistem karang, yang mewakili tahap utama dalam sejarah evolusi bumi, serta untuk keanekaragaman hayati.

Tunggu apalagi? Segera atur waktu libur Anda, dan berkunjung ke Australia, lalu nikmati keindahan alam bawah laut dari Great Barrier Reef.

Dwidayatour satu biro perjalanan wisata terpercaya yang menghadirkan berbagai layanan perjalanan wisata ke Australia. Berpengalaman sejak tahun 1967, Dwidayatour adalah solusi kemudahan perjalanan bagi Anda secara individu, keluarga, maupun perusahaan, sesuai dengan taglinenya “Making Travel Easy”. Dwidayatour juga merupakan salah satu preffered travel agency yang dipercaya oleh Kedutaan Australia untuk proses pengurusan visa bagi Anda yang ingin melakukan pengurusan visa Australia dengan bantuan travel agency. Sehingga proses pengurusan visa dapat lebih cepat.

Jika ingin mendapatkan paket wisata Australia, silahkan klik Dwidayatour atau hubungi Dwidayatour di nomor hotline 500383. Anda juga dapat kunjungi cabang terdekat Dwidayatour, yang tersebar lebih dari 70 kantor cabang di seluruh Indonesia. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com