Menuju Swasembada

Pangan 2017

Kementerian Pertanian Republik Indonesia bertekad untuk mewujudkan pertanian industrial unggul berkelanjutan berbasis sumber daya lokal demi meningkatkan kemandirian pangan, ekspor dan kesejahteraan petani.

KOMPAS/SYAHNAN RANGKUTI - Antrean kendaraan yang akan masuk ke kapal roro (roll on roll off) Dumai-Pulau Rupat, dengan latar belakang pelabuhan Pelindo Dumai. Dumai merupakan pintu utama ekspor minyak kelapa sawit mentah (CPO) Sumatera
Kamis, 26 November 2015

Ihwal Minyak Kelapa Sawit, Indonesia Menjadi Sorotan



KOMPAS.com - Indonesia tengah menjadi sorotan terkait produksi minyak kelapa sawit. Pasalnya, kata Ketua Panitia Penyelenggara Indonesia Palm Oil Conference (IPOC) ke-11 Mona Surya, Indonesia menghasilkan 38 persen minyak sawit dunia. Itu berarti, Indonesia adalah penghasil minyak sawit terbesar dunia.

Lantaran itulah, industri terkait minyak kelapa sawit berikut serapan tenaga kerjanya berkembang. "Kompetitor segan terhadap Indonesia," kata Wakil Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (Gapki) ini sebagaimana warta laman Gapki.co.id hari ini.

Rencananya, IPOC ke-11 diselenggarakan di Denpasar, Bali. Waktu penyelenggaraan adalah pada 25-27 November 2015 di Bali Nusa Dua Convention Center.

IPOC merupakan wadah para pelaku bisnis dan pemangku kepentingan, pemilik, CEO dan eksekutif, serta para pengambil kebijakan baik tingkat nasional maupun internasional, untuk bersama-sama membahas isu-isu strategis di seputar industri kelapa sawit dari hulu sampai ke hilir. IPOC juga merupakan ajang bagi para pelaku usaha untuk memperluas jaringan usahanya baik melalui pameran produk, sponsorship maupun tatap muka secara langsung.

Animo masyarakat baik dari Indonesia maupun luar negeri akan konfrensi ini selalu meningkat setiap tahunnya. Tahun lalu penyelenggaraan konferensi ini dihadiri lebih dari 2.024 peserta dari 23 negara (di luar tamu undangan khusus dan pengunjung). Tahun ini diperkirakan peserta yang akan hadir kurang lebih 1500 peserta yang berasal dari lebih 30 negara di dunia.