Advertorial

Rajin Bersih-bersih, Bikin Tungau Tak Betah Hidup di Tempat Tidur

Kompas.com - 04/12/2015, 18:45 WIB

Tungau kasur nampaknya merupakan masalah bagi semua orang. Masalahnya, tungau bisa hidup di mana saja, bahkan di rumah yang bersih sekalipun. Kunci agar terhindar dari serangga kecil ini hanya satu, membiasakan diri Anda, suami, dan anak-anak Anda untuk rajin bersih-bersih diri dan rumah.

Mungkin rumah Anda dan segala perabotannya tampak bersih.  Namun, saking kecilnya mikroorganisme ini, bisa saja Anda tidak sadar kalau di rumah Anda hidup bersama tungau.

Tungau suka hidup bersama manusia. Tempat-tempat tersembunyi dengan tekstur lembut adalah tempat favoritnya. Kasur salah satunya.

Meski tubuhnya kecil, dampak keberadaan tungau di sekitar Anda punya pengaruh besar. Tungau yang tinggal di sela-sela kasur, memakan serpihan kulit mati manusia saat tertidur di atas kasur. Akibatnya, seseorang bisa merasa gatal-gatal pada kulitnya.

Selain itu, selama tinggal di kasur satu tungau membuang kotoran sebanyak 20  kali sehari. Kotoran itu dapat menimbulkan alergi pada kulit. Keadaan ini tentu mengganggu Anda dan keluarga. Fakta menjengkelkan lainnya, satu tungau dapat menghasilkan 50-80 telur. Jadi, bayangkan saja berapa banyak tungau yang bisa hidup di tempat tidur Anda?

Tungau tidak dapat dibasmi secara total. Maka, yang bisa Anda lakukan ialah mengurangi jumlahnya, mencegah tungau berkembang biak dan betah tinggal di tempat tidur. Menjaga kebersihan tempat tidur adalah hal yang wajib Anda, suami, dan anak lakukan.

Hal pertama yang dapat dilakukan tentunya mengganti sprei, selimut, atau penutup kasur Anda. Ini dapat dilakukan setiap seminggu sekali. Sprei pun harus selalu dicuci dengan air hangat untuk menghilangkan tungau yang tinggal di sana.

Menggunakan alat bantu pun boleh saja Anda lakukan agar pembasmian tungau lebih efektif. Basmi tungau-tungau yang hidup di tempat tidur Anda dan keluarga dengan Sharp Mite Catcher. Alat ini mampu menghasilkan panas hingga 40 derajat Celcius sehingga mampu mengusir tungau yang menempel pada kasur atau sprei.

-

Rutin membersihkan tempat tidur dengan Sharp Mite Catcher juga mampu menyedot tungau yang mengganggu. Kekuatan berupa angin cyclone berkecepatan tinggi ampuh usir tungau yang betah tinggal di tempat tidur Anda.

Pembasmian tungau pun semakin efektif karena putaran mesin pada lubang debu Sharp Mite Catcher mampu membunuh tungau.

Sebersih apapun rumah, tungau tetap dapat hidup dan berkembang biak. Yang dapat Anda lakukan ialah mencegah agar tungau tak berkembang biak dan mengganggu kesehatan Anda dan keluarga. Caranya hanya satu, jaga kebersihan tempat tidur dengan mencuci sprei atau selimutnya, dan bersihkan kasur dengan Sharp Mite Catcher. Kiat ini tentu efektif untuk membasmi tungau di rumah Anda. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com