Parasailing, Cara Menantang untuk Nikmati Eksotisme Pantai Indonesia

Kompas.com - 11/12/2015, 08:00 WIB


Pantai-pantai di Indonesia itu eksotis. Hal itu tidak perlu diragukan lagi. Eksotisme pantai Indonesia bisa dilakukan dengan berbagai cara. Tapi, akan lebih seru kalau Anda coba melakukannya dengan cara yang menantang ini, parasailing!

Parasailing adalah pilihan permainan air yang sungguh menantang, tapi juga digemari banyak orang. Sensasi seru dan menegangkan pasti dirasakan setiap orang yang mencobanya. Anda akan dibawa terbang tinggi dengan parasut sekaligus ditarik speedboat berkecepatan tinggi. Tapi jangan memaksakan diri jika takut ketinggian atau air yang dalam, lebih baik tidak perlu mencoba.

Indonesia punya banyak tempat untuk mencoba parasailing. Bukan hanya di Tanjung Benoa, Bali, parasailing juga dapat dinikmati di Pantai Senggigi, Lombok, dan Pulau Tangkil, Lampung. Semua tempat ini sama-sama menjanjikan pemandangan dan pengalaman indah dan unik yang sulit dilupakan. Pemandangan dan pengalaman yang sebanding, bahkan lebih mahal dari harga yang harus Anda bayar untuk satu kali parasailing.

Sebelum terbang tinggi, tubuh Anda akan diikat parasut dengan dua tali kekang. Di depan, ada speedboat yang akan menarik Anda dengan kecepatan tinggi. Perlu kesiapan mental tetapi jangan lupa untuk tetap rileks, dan siap-siap dibawa boat ke tengah laut.

Dengan bantuan angin, Anda terbang tinggi ke arah tengah laut sejauh 50 meter dari pinggir pantai. Saat sudah di atas, Anda bisa leluasa melihat Pantai Senggigi atau Pulau Tangkil yang indah, dengan pandangan yang lebih luas. Di sinilah saatnya Anda menyadari kalau pantai atau pulau yang Anda kunjungi itu benar-benar eksotis. Jadi, nikmatilah waktu berkeliling di atas, sebelum kembali ke titik awal lepas landas.  

Terasa menggiurkan? Ya, parasailing memang satu dari berbagai macam jagoan wisata bahari Indonesia.  Jika tak punya phobia pada ketinggian atau air, rasanya parasailing perlu Anda lakukan setidaknya sekali saja. Kalau sudah mencoba, tentunya Anda punya cerita yang dapat Anda bagi kepada wisatawan lokal maupun mancanegara tentang apiknya wisata bahari Indonesia.

Wisata bahari Indonesia menyumbang 35% devisa pariwisata Indonesia pada tahu 2013. Itu sebabnya, pemerintah mendukung penuh promosi wisata bahari Indonesia. Salah satu upaya untuk mempromosikannya, Pengembangan Segmen Pasar Personal, Deputi Bidang Pemngembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kementerian Pariwisata mengadakan Kampanye Budaya Maritim Dukungan Hari Nusantara. Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Hari Nusantara 2015, Minggu (13/12/2015).

Presiden Joko Widodo beserta para Menteri, Anggota DPR Pusat, Gubernur, DPRD Provinsi, Bupati/Walikota, Pejabat Pusat dan Daerah, masyarakat kelautan, dan seluruh pihak terkait, serta sebanyak 3.000 undangan direncanakan hadir pada acara yang akan dilaksanakan di ­­Pelabuhan Perikanan Lampulo, Banda Aceh ini.

Melalui kegiatan ini, pemerintah ingin menggerakan niat dan menarik para wisatawan nusantara dan mancanegara untuk melakukan perjalanan wisata ke seluruh wilayah Indonesia yang punya keindahan dalam wisata bahari. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com