Punya Banyak Pantai Kelas Dunia, Indonesia Bisa Jadi Surga Para Wisatawan

Kompas.com - 13/12/2015, 04:20 WIB


Indonesia akan selalu dikenal sebagai negara kepulauan. Hal itu terbukti dari banyaknya pulau yang terjejer dari Sabang sampai Merauke, yang jumlahnya mencapai ribuan. Dari ribuan pulau tersebut, tentunya terdapat pantai-pantai yang jumlahnya mencapai ribuan pula.

Indonesia memang terkenal akan pesona laut dan pantainya. Pantai di Indonesia memang menjadi salah satu sektor wisata paling potensial, bahkan beberapa pantai di Indonesia sudah mendunia. Sebagai contoh, sebut saja pulau Bali yang keindahan pantainya sudah terkenal di seluruh dunia.

Bicara mengenai pantai, tentunya tidak bisa dipisahkan dari berbagai aktivitas wisata. Seperti berselancar, berjemur di bawah sinar matahari, atau sekedar duduk santai sambil menikmati hidangan laut dan merasakan sejuknya udara pantai. Walaupun pantai-pantai terkenal di Indonesia seperti Bali dan Lombok sudah mendunia, namun masih lebih banyak lagi pantai-pantai yang tersebar di seluruh Indonesia, yang tidak kalah pula keindahannya.

Seperti yang terdapat di Aceh, di kota tersebut memiliki beberapa pantai yang keindahannya dapat memanjakan mata dan jiwa, antara lain Pantai Iboih, pantai ini terletak di Pulau Weh, dan memiliki air yang sangat jernih, keindahan karang yang ada di bawah laut dapat dilihat dengan jelas dari atas perahu. Lalu, ada Pantai Lhok Nga yang terletak sekitar 20 kilometer dari Aceh, di pantai ini terdapat pasir putih nan lembut, Pantai Lhok Nga sangat cocok untuk kegiatan wisata seperti snorkeling, dan surfing. Selain itu, ada juga Pantai Tapak Gajah, pantai ini tidak jauh dari pusat Kota Aceh, di sini Anda bisa melihat deretan batu karang yang indah, pasir putih dan ombaknya yang tenang pun juga menjadikan pantai ini sebagai tempat yang cocok untuk wisata bersama keluarga.

Tidak hanya sekedar wisata. Beberapa waktu lalu, Indonesia juga baru saja menjadi tuan rumah acara International Surfing Competitionyang diikuti oleh 20 negara, dan bertempat di Pantai Merah, Banyuwangi, Jawa Timur, kompetisi tersebut berlangsung pada tanggal 25-27 September 2015. Hal ini semakin menunjukan bahwa pantai-pantai di Indonesia tidak hanya potensial untuk tujuan wisata, tapi juga cocok untuk acara kompetisi tingkat dunia. Seperti dikutip dari Kompas.com, ombak di Pulau Merah termasuk landai dan cocok untuk berselancar, sehingga menjadi tantangan bagi para peselancar untuk bermanuver.

Informasi di atas menunjukan bahwa pantai di Indonesia juga mampu menjadi destinasi potensial untuk wisata kelas dunia. Pantai-pantai di Aceh, dan Pulau Merah hanya sebagian kecil dari sekian banyak pantai di Indonesia, yang bisa menjadi tempat yang cocok untuk berwisata. Masih ada pantai lainnya seperti Nias, Bawa, P. Ase, Sorake, dan Mentawai di Sumatera. Sedangkan di Jawa ada Panaitan, Deli, Baya, Pelabuhan Ratu, dan Tanjung Kuncur. Kuta, Madewi, Canggu, Padma, Balian, Balangan, Uluwatu, Nusa Dua, Sanur di Bali, serta Bangko-bangko, Belongas, Selongas, Selong Belanak, Grupuk, Gili di Nusa Tenggara.

Sebagai upaya untuk mempromosikannya, Pengembangan Segmen Pasar Personal, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kementerian Pariwisata mengadakan Kampanye Budaya Maritim Dukungan Hari Nusantara. Kegiatan ini diadakan bersamaan dengan kegiatan Hari Nusantara 2015 yang akan jatuh pada tanggal (13/12/2015).

Acara yang akan dilaksanakan di ­­Pelabuhan Perikanan Lampulo, Banda Aceh ini direncanakan akan dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta para Menteri, Anggota DPR Pusat, Gubernur, DPRD Provinsi, Bupati/Walikota, Pejabat Pusat dan Daerah, masyarakat kelautan, dan seluruh pihak terkait, diperkirakan sebanyak 3.000 undangan. Kegiatan ini bertujuan untuk menarik minat para wisatawan luar dan dalam negeri untuk berwisata ke Indonesia.

Kini sudah terbukti bahwa keindahan laut dan pantai di Indonesia tidak kalah dengan luar negeri. Selain dapat menikmati keindahan yang mempesona, berwisata di dalam negeri juga dapat membantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan rakyat. (adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com