Advertorial

Seberapa penting RAM besar pada Smartphone?

Kompas.com - 19/12/2015, 10:34 WIB

Peranan smartphone akhir - akhir ini semakin menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat modern di perkotaan. Apalagi tren BYOD ( Bring Your Own Device ) sedang menjadi gaya hidup di kalangan pekerja kantoran di kota besar. Seiring dengan trend tersebut, smartphone tidak lagi digunakan untuk meyelesaikan satu - dua pekerjaan, smartphone modern dituntut untuk lebih banyak melakukan proses multitasking aplikasi.

Bicara tentang multitasking di smartphone saat ini, sangatlah berkaitan erat dengan perangkat keras bernama RAM. RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory adalah memori yang berfungsi menyimpan data sementara pada ponsel saat sedang bekerja. Komponen ini membuat waktu akses data pada storage berkecepatan rendah menjadi lebih cepat. Peranan RAM sangat penting karena kecepatan RAM sangat jauh diatas kecepatan storage. Kecepatan RAM inilah yang sebuah perangkat ponsel bereaksi cepat terhadap sebuah perintah, dan melakukan proses pengolahan data yang banyak dalam waktu singkat.

Posisi RAM pada smartphone sangat penting untuk pergantian antar aplikasi berjalan tanpa delay dan juga untuk proses background system dimana pada proses ini aplikasi yang bekerja pada smartphone yang tidak kita sadari selalu digunakan aktif berjalan. RAM juga penting untuk menjalankan beberapa perintah sekaligus, seperti mengolah data dalam aplikasi word processing namun disaat bersamaan dengan mendengarkan musik dan mengunduh data dari internet.

RAM yang besar yang sedang menjadi trend pada perangkat smartphone high end sebenarnya belum tentu akan berjalan optimal, jika manajemen memory yang diusung oleh sistem operasi yang ditanamkan kurang baik. Pengalaman ini tentunya akan berimbas kepada ketidaknyamanan pemakai, disini OPPO sebagai salah satu perusahaan smartphone yang menitik beratkan kepada pengalaman penggunanya baru saja memperkenalkan perangkat terbarunya, R7s. Perangkat ini mengusung RAM besar 4 GB. Namun, tidak sekedar memberikan RAM yang besar pada perangkat tercepatnya ini, OPPO juga mengoptimalisasi penggunaan RAM nya melalui sistem operasi khasnya ColorOS 2.1. Pada sistem operasi yang sudah dikembangkan OPPO lebih dari satu tahun ini, manajemen RAM akan diatur secara maksimal. Tingkat kompresi yang disajikan oleh ColorOS akan memberikan ruang memory yang lebih luas kepada pengguna untuk menggunakan lebih banyak aplikasi. Pengalaman “bottleneck” pada RAM yag mengakibatkan gejala “lag” ada smartphone tentunya akan terminimalisir.

Jadi, apakah pengguna smartphone saat ini masih bertahan ketidaknyamanan lag pada smartphone yang digunakan atau mulai berfikir untuk beralih pada OPPO R7s? Mulai 15 Desember hingga 4 Januari, OPPO menggelar sebuah kampanye online yang sangat menarik, #TUKARKADOR7s. Siapkan kado terunik untuk OPPO sebagai hadiah di tahun baru. Foto kemudian unggah pada tautan berikut dan jangan lupa untuk share via media sosial facebook atau twitter. Jika kado yang anda unggah mendapat share terbanyak dan dinilai unik, sebagai timbal baliknya OPPO akan memberikan satu unit R7s secara cuma - cuma. Tertarik, baca syarat ketentuannya disini. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com