Kegiatan Penelitian, Tolak Ukur Kualitas Institusi Pendidikan Akademik

Kompas.com - 23/12/2015, 09:21 WIB


Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan tiga peran pendidikan yang menjadi tolak ukur nilai kualitas dari sebuah institusi pendidikan akademik. Ketiga peran tersebut adalah kegiatan mengajar, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Hal ini sebagaimana tercantum dalam dalam pasal 20 UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, bahwa institusi pendidikan tinggi wajib melakukan kegiatan penelitian. Tentunya untuk mendukung hal tersebut, lembaga pendidikan tinggi dituntut memiliki dosen berkualitas dan berkompeten dalam membuat proposal penelitian, melakukan penelitian, menyebarluaskan hasil penelitian dan menghasilkan berbagai bentuk kekayaan intelektual.

Kegiatan penelitian seperti ini selalu dilakukan Binus University melalui lembaga Research and Technology Transfer Office, sebagai perwujudan salah satu dari tiga peran institusi pendidikan akademik. Binus University senantiasa  utamanya membimbing dan membantu anggota fakultas mulai dari membuat proposal penelitian, pelaksaaan penelitian hingga publikasi ilmiah dengan menyediakan dana hibah penelitian eksternal dan internal. Selain itu juga berfokus pada pengembangan kegiatan penelitian seperti penyebaran penelitian melalui penerbitan jurnal dan kekayaan intelektual.

Komitmen inilah yang selalu dilakukan Binus University hingga akhirnya dinobatkan sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Terbaik 2015. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Muhammad Nasir kepada Rektor Binus University Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM pada Rabu (2/12/2015) di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Penghargaan apresiasi yang ditetapkan oleh Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah III DKI Jakarta ini diberikan saat Rapat Kerja Kopertis Wilayah III.

Tak tanggung-tanggung, kategori penghargaan seluruhnya berhasil diraih Binus University yaitu Pengembangan Kerja Sama, Pembinaan Kemahasiswaan, Tata Kelola, Pengembangan Dosen, Riset dan Pemanfaatan, Bidang Teknik dan Bidang Komputer.

Selain 7 kategori tersebut, Binus University juga mendapatkan 2 penghargaan individu, yaitu Widodo Budiharto, S.Si., M.Kom., (Dosen, School of Computer Science) sebagai Dosen Berprestasi Peringkat Kedua danInca Maya Sari (Mahasiswa, Program Studi Information System) sebagai Mahasiswa Berprestasi Peringkat Pertama Nasional 2015.

Sejumlah prestasi yang diukirkan Binus University hingga akhir 2015 menjadi penting dalam perjalanan Binus menuju visi “Binus 2020” yang menunjukkan bahwa Binus siap menjadi “A World-class University”. Selain juga bisa menjadi motivasi tambahan bagi para mahasiswa, dosen dan staf di Binus University untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan kualitas.

“Kita semua harus lebih membuktikan jika raihan ini benar adanya dan memiliki manfaat bagi masyarakat. Pengakuan yang didapat saat ini harus dijaga dan dirasakan manfaatnya oleh seluruh rekan-rekan mahasiswa, dosen dan staf. Dengan demikian juga akan meningkatkan motivasi supaya bisa berkarya lebih baik lagi di  masa mendatang,” kata Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com