Advertorial

Apresiasi Pelanggan, Telkom Berikan Gratis Upgrade Layanan IndiHome

Kompas.com - 31/12/2015, 08:43 WIB

Sejak diperkenalkan pada bulan Januari tahun 2015 sebagai layanan internet broadband triple play berbasis jaringan fiber optic dari Telkom, IndiHome Fiber langsung menjadi fenomena baru. Selain kecepatan internetnya yang mencapai 100 Mbps, layanan ini juga menyediakan TV interaktif menggunakan teknologi IPTV (Internet Protocol TV) yang memungkinkan pelanggan untuk menyaksikan kembali tayangan-tayangan yang telah lewat hingga 7 hari ke belakang. Bahkan pelanggan juga bisa melakukan pause atau rewind tayangan yang sedang disaksikan, termasuk tayangan live sekalipun.

Catatan lain dari IndiHome adalah tercapainya satu juta pelanggan pada tanggal 18 Desember 2015 yang lalu. Hal ini tentu merupakan prestasi tersendiri bagi layanan triple play pertama di Indonesia itu karena sebelumnya tidak ada layanan sejenis yang bisa mencapai tambahan satu juta pelanggan dalam waktu satu tahun. Hal ini merupakan bukti bahwa layanan IndiHome ini sangat diminati oleh para pengguna internet yang butuh akses dari rumah dengan kecepatan tinggi dan stabil serta berbagai layanan digital lainnya seperti wifi di rumah (home wifi),  TV interaktif, dan home automation.

Telkom memberikan fasilitas IndiHome tidak saja bagi para pelanggan baru namun perhatian juga diberikan bagi pelanggan lama. Bagi para pelanggan Telkom yang sebelumnya menggunakan layanan Internet menggunakan jaringan tembaga dengan teknologi ADSL (Asynchronous Digital Subscriber Line). Telkom menawarkan upgrade menjadi layanan IndiHome triple play dengan jaringan fiber optic. Tentu saja penawaran ini diberikan kepada pelanggan yang telah masuk dalam wilayah layanan jaringan fiber optic Telkom. Secara total benefit yang dinikmati pelanggan, upgrade layanan ini sangat menguntungkan karena pelanggan bisa mendapatkan bonus gratis nelpon 1000 menit baik lokal maupun interlokal serta mendapatkan layanan TV interaktif lebih dari 60 channel termasuk channel SD (Standard Definition) dan HD (High Definition) dengan pilihan channel yang menarik seperti BeIN Sports 1, 2, 3 yang menayangkan semua pertandingan Liga Inggris (BPL), HBO, Fox, dan Disney.

Untuk mengapresiasi pelanggan yang sudah setia menggunakan layanan Internet minimal satu tahun dengan jumlah pembayaran tertentu, Telkom memberikan layanan upgrade kecepatan secara gratis. Pelanggan mendapatkan upgrade kecepatan sampai 10 kali lipat tergantung ketersediaan jaringan. Program yang diberi nama Higher Speed Same Price (HSSP) ini menawarkan keuntungan di mana pelanggan membayar dengan harga yang sama, tetapi mendapatkan peningkatan kecepatan akses internet yang signifikan. Selama 2015 Telkom sudah melakukan upgrade lebih dari 500 ribu pelanggan dalam program HSSP ini. Vice President Consumer Relationship Management, Agus Winarno menjelaskan, “Secara bertahap kami terus menawarkan kepada pelanggan untuk upgrade dari layanan internet ADSL menjadi IndiHome triple play dengan teknologi fiber optic.” Lebih lanjut Agus menjelaskan bahwa Telkom akan memberitahukan upgrade yang sudah dilakukan melalui beberapa media seperti telepon, SMS, maupun email.  Setelah berlangganan IndiHome, pelanggan mendapatkan kesempatan untuk berlangganan berbagai layanan tambahan atau add on menarik. Salah satunya adalah paket IndiHome Telepon Mania, di mana pelanggan dapat melakukan panggilan ke semua nomer Telkomsel sepuasnya dari nomer telepon rumah.

Ketersediaan jaringan fiber optic untuk akses Internet telah menjadi primadona di berbagai negara termasuk negara-negara maju. Di luar negeri, tidak banyak operator yang berkomitmen untuk mengganti jaringan tembaga mereka dengan jaringan fiber optic karena biayanya tidak murah. Beberapa negara seperti Korea Selatan mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah agar bisa mengganti jaringan tembaga mereka menjadi jaringan fiber optic. Menurut Vice President Consumer Marketing and Sales, Jemy Confido, sangat beruntung pelanggan yang sudah bisa menikmati internet berbasis fiber optic ini karena selain kecepatannya bisa berpuluh hingga beratus kali lipat, fiber optic juga lebih tahan terhadap gangguan baik interferensi maupun serangan petir. “Jadi bila sudah ada fiber optic melalui rumah pelanggan, pelanggan sangat dianjurkan untuk memanfaatkannya,” jelas Jemy. Lebih jauh Jemy menjelaskan, dengan menggunakan internet fiber dan wifi di rumah pelanggan maka pelanggan bisa menghemat biaya internet karena layanan IndiHome fiber tidak membatasi kuota pemakaian.

Gencarnya promosi dan edukasi internet fiber kepada pelanggan dilakukan Telkom sejalan dengan misi dari pemerintah untuk memberikan akses Internet seluas-luasnya kepada masyarakat. Karena alasan inilah Telkom terus menawarkan IndiHome kepada pelanggan baru maupun existing yang sudah bisa dilayani dengan jaringan fiber optic. Khusus untuk pelanggan existing, penawaran ini sangat menarik karena tidak dikenakan biaya apa pun, malah mendapatkan tambahan keuntungan, gratis telepon 1000 menit lokal dan interlokal serta layanan TV interaktif yang canggih menggunakan teknologi IPTV. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com