Advertorial

Pentingnya Perencanaan Ruang untuk Hunian Idaman Berkualitas

Kompas.com - 15/01/2016, 17:06 WIB

Memiliki hunian yang nyaman merupakan dambaan setiap orang. Apalagi kalau tempat tinggal tersebut bisa disesuaikan dengan kepribadian dan kebutuhan penghuni.

Tingkat kenyamanan hunian bisa dipengaruhi oleh penataan interior dan perencanaan ruang yang baik. Karena, interior ruangan memberi mempengaruhi psikologis dan emosi penghuninya.

Sebenarnya apa saja elemen interior ruangan yang mempengaruhi sisi psikologis manusia? Ternyata, bentuk bangunan dan ruangan sangat berpengaruh terhadap psikologis manusia. Oleh karenanya, perencanaan ruang dalam tata interior hunian sangat penting.

Perencanaan ruang yang dimaksud adalah rasio perbandingan antara panjang, lebar, dan tinggi ruangan yang bisa mempengaruhi sisi psikologis para penghuni. Ruangan dalam rumah juga harus didukung desain konstruksi bangunan yang baik.

Seperti misalnya, langit-langit ruangan idealnya memiliki tinggi 2,8-3,5 meter. Kalau langit-langit ruangan lebih dari 3,5 meter tingginya, penghuni akan merasakan nuansa santai namun juga sepi. Begitu juga jika tinggi ruangan kurang dari 2,5 meter, akan menciptakan suasana tertekan dan waspada.

Tak hanya itu saja, penggunaan warna dan material dalam ruangan akan membangkitkan perasaan atau emosi tertentu bagi penghuni. Warna cokelat pada elemen  kayu, warna abu-abu yang terinspirasi dari batu-batuan alami, ataupun hijau dari warna pepohonan akan menciptakan nuansa hangat, nyaman dan santai.

Yang tidak kalah penting adalah kebutuhan pencahayaan alami dari sinar matahari dan ventilasi udara yang baik akan berdampak pada kesehatan tubuh. Ruangan dengan sinar matahari minim dan ventilasi udara yang buruk akan membuat produktivitas menurun dan lama kelamaan akan membuat tubuh jadi sakit.

Semua aspek perencanaan ruang dan penataan interior tersebut juga penting jika tinggal di apartemen sekalipun. Hal-hal inilah yang seringkali terabaikan dalam pemilihan apartemen sebagai tempat tinggal yang tepat.

The Residence at Synthesis Square sangat mengerti akan kebutuhan penting tersebut. Hadir sebagai hunian berkonsep mixed use, The Residence at Synthesis Square merancang setiap detail interior ruangan dengan seksama.

Selain berpengaruh terhadap psikologis penghuni, perencanaan ruang yang baik mampu mendukung pengembangan fungsional dan estetis dalam hunian. Hal ini berpengaruh terhadap efisiensi mobilitas penghuni dalam hunian tersebut. Contoh yang sederhana, peletakan saklar lampu yang memudahkan tangan untuk mengapainya, bahkan dalam keadaan ruangan gelap sekalipun.

Sebanyak 188 unit apartemen The Residence at Synthesis Square hadir dengan desain ruangan ergonomis dan fungsional. Dilengkapi dengan fasilitas antara lain kolam renang, pusat kebugaran, tempat bermain anak, tempat barbeque, dan masih banyak lagi fasilitas lainnya yang akan mendukung kenyamanan dan kebutuhan para penghuni. Ada 3 tipe unit apartemen yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda.

Selain hunian apartemen, Synthesis Square memiliki 2 gedung perkantoran eksklusif dengan fasilitas teknologi dan komunikasi canggih. Bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi, jarak antara tempat tinggal dan tempat kerja juga mempengaruhi produktivitas kerja. Hidup di kota besar seperti Jakarta seringkali terkendala dengan lalu lintas macet dan akses jalan yang sulit.

The Residence at Synthesis Square berada dekat dengan sarana transportasi umum Bus Trans Jakarta dan pintu masuk tol yang akan memudahkan akses gerak Anda untuk tetap bisa melakukan aktivitas harian tanpa harus menghabiskan waktu lebih banyak di jalan. Dengan akses masuk dari dua arah yaitu jalan Gatot Subroto dan Patra Kuningan, membuat The Residence at Synthesis Square semakin mudah dijangkau.

Memiliki hunian nyaman dengan desain ergonomis dan lokasi strategis bukan sekedar impian semu lagi! Untuk informasi Anda bisa mengunjungi www.theresidence.id atau menghubungi 021-831 7770. Langsung saja kunjungi show unit-nya di Marketing Gallery The Residence yang terletak di Synthesis Square Tower 2 Ground Floor, Jalan Gatot Subroto Kav. 64 No. 177A – Jakarta Selatan. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com