Jaringan Internet di Indonesia Semakin Cepat

Kompas.com - 18/01/2016, 08:00 WIB


Internet telah menjadi sarana teknologi terpopuler yang banyak digunakan oleh masyarakat di berbagai kalangan, tidak hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia, dan telah menjadi salah satu kebutuhan utama bagi masyarakat dalam menjalankan kegiatan sehari-hari, baik untuk kegiatan sosial maupun bisnis. Internet digunakan untuk berbagai kegiatan, mulai dari mencari informasi, berinteraksi dengan keluarga, kerabat dan rekan kerja, berbelanja, hingga melakukan transaksi finansial. Tanpa disadari, Internet telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat di Indonesia. Dengan semakin berkembangnya Industri Ekonomi Kreatif, semakin banyak pengusaha membutuhkan koneksi Internet yang cepat dan handal, terutama Usaha Kecil dan Menengah (UKM), yang merupakan salah satu motor penggerak utama perekonomian Indonesia, bahkan ada juga yang menyebutnya sebagai tulang punggung perekonomian di Indonesia. Selain dapat mendukung pertumbuhan usaha, jaringan Internet yang semakin cepat dan berkualitas juga dapat meningkatkan efisiensi kerja perusahaan untuk mencapai hasil yang lebih maksimal. 

Di era yang serba digital ini, teknologi informasi berkembang sangat pesat sehingga mempermudah akses informasi, serta menghilangkan batas jarak dan waktu. Berbagai kegiatan operasional perusahaan yang selama ini memerlukan biaya yang lumayan besar, kini dapat dilakukan melalui Internet dengan biaya yang jauh lebih rendah dan waktu yang jauh lebih cepat. Dengan adanya jaringan Internet yang cepat dan handal, para pengusaha dapat memasarkan produk, merekrut karyawan baru, mencari rekan kerja, serta melakukan banyak kegiatan lain yang dapat mendorong pertumbuhan bisnis mereka. 

Pesatnya perkembangan teknologi Internet mendorong perusahaan penyedia layanan Internet (Internet Service Provider atau ISP) untuk terus mengembangkan teknologi terbaru untuk menghadirkan layanan Internet terbaik bagi kalangan pengusaha, terutama UKM, di seluruh Indonesia. Salah satu ISP yang tidak pernah berhenti berupaya memberikan layanan Internet yang terbaik adalah Biznet Networks. Baru-baru ini, Biznet meluncurkan paket layanan Biznet Metronet terbaru, yang merupakan layanan Internet super cepat bagi segmen UKM dan bisnis start-ups, dengan kapasitas bandwidth yang lebih besar dan harga paket yang lebih terjangkau dan ekonomis. 

Koneksi Internet yang cepat merupakan salah satu faktor terpenting bagi kesuksesan bisnis UKM. Meningkatnya kebutuhan akan koneksi Internet yang semakin cepat menjadi alasan utama bagi Biznet untuk terus menghadirkan layanan Internet yang semakin handal dan berkualitas, serta sebagai bukti komitmen Biznet dalam memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. Layanan Biznet Metronet kini hadir semakin cepat untuk memenuhi kebutuhan Internet UKM. Sebagai salah satu produk unggulan Biznet, Metronet hadir dengan kapasitas bandwidth mulai dari 10 Mbps hingga 200 Mbps, dengan harga mulai dari Rp 700.000/bulan. 

Jaringan Biznet Fiber juga kini telah tersedia di lebih dari 70 kota kota di Pulau Jawa, Bali dan Sumatera, termasuk di Kota Badung (Kuta), Bandung, Bangil, Banyuwangi, Batang, Bekasi, Blitar, Bogor, Boyolali, Brebes, Cianjur, Cibadak, Cicurug, Cikampek, Cimahi, Cirebon, Comal, Denpasar, Depok, Genteng, Glenmore, Indramayu, Jajag, Jakarta, Jambi, Jember, Jimbaran, Karawang, Kartasura, Kediri, Kendal, Kepanjen, Kertosono, Klaten, Lawang, Lumajang, Madiun, Malang, Muncar, Negara, Nganjuk, Ngawi, Padalarang, Padang, Palembang, Pamanukan, Pasuruan, Pekalongan, Pemalang, Probolinggo, Purwakarta, Rogojampi, Salatiga, Semarang, Serang, Sidoarjo, Sleman, Solo, Sragen, Sukabumi, Surabaya, Tabanan, Tangerang, Tangerang Selatan, Tanggul, Tegal, Tulungagung, Ubud, Ungaran, Weleri, Wlingi dan Yogyakarta. 

Pada saat ini jaringan Biznet Fiber sedang dibangun di beberapa kota seperti Batam, Jombang, Mojokerto dan Krian. Di tahun 2016, diharapkan jaringan Biznet Fiber dapat mencapai lebih dari 100 kota di seluruh Indonesia. 

Dengan efektif dimulainya program Masyarakat Ekonomi ASEAN pada tanggal 31 Desember 2015, Biznet memiliki misi untuk menyediakan koneksi terbaik untuk ke seluruh negara ASEAN ke Indonesia. Per 1 Januari 2016, Biznet secara resmi telah menambah GlobalPOP di Phnom Penh, Kamboja. Kini Biznet GlobalPOP ada di 11 negara; Amsterdam - Belanda, Hong Kong - Cina, Kuala Lumpur - Malaysia, London - UK, Manila - Filipina, Palo Alto - US, Phnom Penh - Kamboja, Seoul - Korea Selatan, Singapura, Sydney - Australia dan Tokyo - Jepang. 

Kini setiap pengusaha UKM dapat memiliki koneksi Internet 200 Mbps dengan harga terjangkau, yang akan memberikan pengalaman Internet super cepat untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan usaha menjadi lebih pesat. Biznet Metronet telah menjadi salah satu produk unggulan Biznet, yang merupakan layanan Broadband Internet super cepat yang khusus untuk bisnis UKM. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan Biznet Metronet silakan kunjungi www.biznetnetworks.com/metronet atau menghubungi Customer Care kami di nomor 1500988 atau +62-21-57998888 atau email customer_care@biznetnetworks.com. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com