Rawat Action Figure Agar Punya Nilai Guna

Kompas.com - 20/01/2016, 11:35 WIB

Portofolio toy photography Seno Haryo

Siapa bilang action figure atau mainan berbentuk karakter hanya bisa dikoleksi? Ternyata, action figure pun dapat dimanfaatkan untuk berinvestasi atau berkarya dalam toy photography, seperti yang dilakukan David Oldbury (46), pria asal Amerika, dan Seno Haryo, putra asli Indonesia.

Oldbury tidak jarang pergi ke banyak penjuru negeri untuk memperoleh action figure dan segala atribut film Star Wars. Pria yang tergila-gila pada film itu sejak usia 8 tahun, menghabiskan 150.000 poundsterling atau setara dengan Rp 3 miliar untuk mengoleksi berbagai atributnya. Sampai akhirnya, ia berinvestasi dengan menjadikan garasi rumahnya di Southampton, Hampshire, Amerika sebagai ruang untuk memamerkan lebih dari 500 koleksi action figure kepada penggemar Star Wars. Untuk bisa menikmatinya, pengunjung membayar 35 poundsterling atau setara Rp 800.000 per malam.

Sementara, Seno punya kisah berbeda. Setelah sekitar sepuluh tahun mengoleksi action figure, Seno mulai menggeluti dunia toy photography, yaitu membuat mainannya menjadi objek yang tampak lebih nyata dan hidup lewat karya foto. Seno bahkan mendapat rekor MURI sebagai pemrakarsa pameran toy photography pertama di Indonesia pada 2011.

Terbukti, kan, bahwa mengoleksi action figure itu ternyata banyak juga manfaatnya. Merogoh kantong dalam-dalam atau berkeliling dunia untuk mencarinya, tidak terasa sia-sia bila koleksi action figure dapat dimanfaatkan dengan baik.

Untuk menambah nilai guna action figure supaya tidak hanya “nganggur” di lemari, seperti yang dilakukan Oldbury dan Seno, tentu Anda perlu merawatnya. Bagaimana tekniknya?

Bersihkan Koleksi Secara Rutin

Meski Anda menempatkan koleksi action figure di ruangan khusus, bukan berarti koleksi Anda bisa selamat dari “serangan” debu. Koleksi bisa tetap bersih dan enak dipandang mata jika Anda rajin membersihkannya. Caranya? Gunakan kain yang lembut, beri sedikit air, usap action figure Anda, kemudian bersihkan lagi dengan kain yang kering. Anda juga dapat menggunakan vacuum cleaner berukuran kecil untuk membersihkannya.

Lindungi dari Sinar Matahari Langsung

Terpaan sinar matahari secara langsung bisa membuat warna action figure pudar. Sebaiknya biarkan koleksi Anda terpajang di lemari yang aman dari sinar matahari langsung. Cara ini juga dapat menjaga action figure tetap utuh dan terhindar dari kerusakan seperti cat luntur atau mengelupas.

Jauhkan dari Anak-anak

Sebaiknya letakkan action figure di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak. Mereka bisa saja menganggap action figure Anda sebagai mainan, bukan barang koleksi yang bernilai.

Tetapkan Koleksi Action Figure

Dengan fokus mengoleksi salah satu tokoh atau jenis action figure, Anda bisa lebih berhemat dan mengontrol keuangan.

Rajin Browsing di Internet untuk Lengkapi Koleksi

Internet akan membuka jalan untuk menemukan action figure yang tergolong langka atau collector’s item. Anda juga bisa mendapatkan diskon jika belanja action figure di toko online, karena promo yang ditawarkan.

Ya, memburu action figure kini rasanya lebih mudah. Tak selalu harus keliling dunia untuk mendapatkannya, melalui toko online seperti Bukalapak pun Anda bisa melengkapi koleksi action figure film Star Wars, pemain sepakbola dari klub favorit, tokoh kartun, sampai superhero kesukaan Anda. Apalagi, Bukalapak menyediakan stok yang lengkap serta promo potongan harga yang bisa membuat Anda lebih hemat. Yuk, cek koleksi action figure Bukalapak di sini! (adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com