Advertorial

Cara Terbaik Menikmati Layanan Video Streaming

Kompas.com - 22/01/2016, 19:40 WIB

Layanan video streaming semakin populer bagi pengguna internet. Dari survey yang dilakukan Accenture seperti dikutip melalui situs berita cnnindonesia.com pada Desember 2015, ditemukan bahwa 59% pengguna internet di Indonesia gemar menonton konten video melalui gadget mereka. Perangkat atau gadget yang digunakan untuk menonton video streaming pun beragam, mulai dari komputer personal (PC), ponsel pintar, PC tablet atau TV.

Jenis konten video streaming bervariasi, seperti acara TV, film, video musik atau berbagai user generated content (konten yang dihasilkan dari pengguna aplikasi) yang biasa dibagi melalui situs berbagi video seperti Youtube atau Vine. Penyedia layanan video streaming tersebut di Indonesia juga terus berkembang. Sebagai contoh, UseeTV.com merupakan salah satu penyedia layanan video streaming yang paling lengkap di Indonesia. Konten di dalamnya meliputi siaran TV dari 46 channel, film nasional dan internasional, liputan event dan berbagai video lainnya. Pada bulan ini, Netflix juga meluncurkan perluasan layanan video streamingnya ke 130 negara, termasuk Indonesia. Konten Netflix didominasi oleh film, baik film yang biasa tayang di bioskop maupun film serial televisi.

Namun, untuk dapat menikmati layanan video streaming dengan baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pengguna internet. Pertama, tentu saja dibutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil. Pendapat mengenai minimum kecepatan akses internet yang dibutuhkan cukup beragam, berkisar antara 1 – 3 Mbps. Tetapi sebetulnya yang paling penting bukan hanya kecepatan akses internet, tetapi juga stabilitas koneksinya. Akses internet menggunakan jaringan tetap (fixed line), terutama yang berbasis fiber optic, seperti IndiHome, memberikan stabilitas koneksi yang lebih baik. Kecepatan akses internet yang disediakan pada jaringan fiber optic sangat memadai, bisa mencapai 100 Mbps sehingga layanan video streaming bisa dinikmati dengan baik. IndiHome adalah layanan broadband dari Telkom yang memberikan layanan akses internet kecepatan tinggi, TV interaktif dan gratis nelpon lokal atau interlokal 1000 menit per bulan dalam satu paket dengan harga yang sangat kompetitif (http://www.indihome.co.id).

Kedua, kuota pemakaian internet yang disediakan oleh paket layanan internet yang digunakan. Hal ini penting karena volume data yang digunakan dalam menikmati layanan video streaming cukup besar. Sebagai contoh, menonton satu film berdurasi 1 jam dengan resolusi standar melalui video streaming bisa mengkonsumsi sekitar 1 GB data. Sedangkan untuk kualitas HD (High Definition) bisa mencapai 3 kali lipatnya, sekitar 3 GB. Paket layanan akses internet menggunakan jaringan tetap, seperti IndiHome, biasanya menerapkan paket layanan akses internet unlimited atau kuota yang sangat besar, sehingga pelanggan tidak perlu cemas dalam menikmati layanan video streaming.

Ketiga, dengan memastikan perangkat yang digunakan sudah optimal digunakan untuk video streaming. Saat ini teknologi TV semakin maju, dengan teknologi 4K yang mampu memberikan gambar dengan resolusi tinggi. Sesuai dengan namanya, teknologi TV 4K mempunyai ketajaman 4 kali lebih tinggi dibandingkan kualitas Full HD (High Definition). Oleh karena itu Telkom bekerjasama dengan LG memanjakan pelanggan IndiHome dengan paket kecepatan minimal 50 Mbps, dengan memberikan kesempatan mendapatkan TV 4K dari LG dengan potongan harga sampai Rp 1 juta. Selain potongan harga TV 4K, pelanggan juga mendapatkan benefit lain seperti, gratis biaya registrasi IndiHome, gratis set top box 4K untuk 100 pelanggan pertama dan mendapatkan IndiHome Movie Card untuk pelanggan aktif. Informasi mengenai promo ini dapat dibaca di http://www.indihome.co.id/promotion/detail/nonton-tv-dengan-kualitas-hd-sudah-biasa.-tapilebih-canggih-kalau-nonton-dengan-tv-4k. Antivirus juga sangat penting untuk memastikan perangkat dalam kondisi baik. Beberapa varian virus bisa sangat mengganggu dalam kelancaran proses akses internet, termasuk dalam proses streaming. Oleh karena itu dalam paket IndiHome juga sudah disediakan gratis antivirus Trend Micro selama 3 bulan (http://www.indihome.co.id/trend-anti-virus).

Telkom juga akan terus berinovasi dalam memberikan layanan terbaik dalam layanan IndiHome, baik dari aspek layanan akses internet, TV interaktif dan juga telepon. Nantikan informasi mengenai inovasi layanan IndiHome berikutnya untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggan di http://www.indihome.co.id. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com