5 Keuntungan Cari Hotel Lewat 'Online Travel Agent'

Kompas.com - 25/01/2016, 10:08 WIB


Apakah Anda masih sering mengunjungi beberapa gerai agen travel atau menghubungi langsung pihak hotel satu per satu untuk mendapatkan harga kamar terbaik? Tentu hal ini bisa menghabiskan waktu dan tenaga Anda. Padahal, kini hadir online travel agent (OTA), atau situs pemesanan hotel yang bisa jadi solusi untuk memudahkan Anda tiap mencari hotel. Bukan cuma itu, pesan hotel online juga punya berikan beberapa keuntungan ketimbang cari hotel dengan cara konvensional. Berikut lima keuntungan saat mencari hotel lewat OTA: 

1. OTA memiliki pilihan hotel yang banyak dan variatif

Tak jarang, Anda harus menginap di hotel tertentu karena pilihannya yang terbatas. Lalu, bagaimana jadinya bila hotel yang pilihan yang terbatas ini ternyata sudah terisi penuh oleh wisatawan lain? Bisa jadi, rencana perjalanan Anda tertunda atau bahkan gagal. Padahal, masih banyak hotel lain di kota tujuan Anda yang memiliki fasilitas dan pelayanan yang lebih baik dari hotel yang Anda inapi.

Hadirnya OTA memberikan Anda pilihan hotel yang beragam, mulai dari hotel berbintang satu hingga berbintang lima, atau mulai dari tarif kamar hotel cuma puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Traveloka misalnya, situs pemesanan tiket pesawat dan hotel nomor satu di Indonesia ini, memiliki belasan ribu pilihan hotel di berbagai negara dan masing-masing hotel juga dilengkapi dengan informasi yang mendetail. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir lagi bila hotel yang diinginkan sudah terisi penuh, karena Anda masih dapat mencari hotel alternatif dengan leluasa.

2. Proses pencarian dan pemesanan melalui OTA dapat menghemat waktu dan tenaga Anda

Meski banyak pilihan hotel yang tersedia, bukan berarti OTA membuat Anda bingung menentukan hotel mana yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Justru, OTA membantu Anda membandingkan hotel-hotel di kota tujuan dengan mudah; mulai dari harga, popularitas, lokasi, hingga bintang hotel di satu halaman. Alhasil, hotel idaman pun mudah ditemukan tanpa buang banyak waktu dan tenaga.

Selain itu, OTA juga memiliki proses pemesanan yang cepat dan praktis. Contohnya saat melakukan pemesanan via Traveloka, Anda cukup mencantumkan nama lengkap, nomor handphone, dan alamat email untuk mendapatkan voucher hotel. Setelah melakukan pembayaran, hanya butuh beberapa menit hingga voucher hotel yang Anda pesan terkirim ke kotak masuk email Anda.

3. OTA menghadirkan informasi lengkap seputar hotel termasuk ulasan pengunjung sebelumnya

Tak jarang hotel yang Anda tuju ternyata tidak sesuai dengan apa yang Anda bayangkan. Salah satu yang mungkin terjadi, misalnya, hotel tersebut tidak memiliki fasilitas atau desain kamar yang Anda inginkan. Atau contoh lain, lokasi hotel berada jauh dari tempat yang ingin dituju. Oleh karena itu, sebelum memesan hotel, ada baiknya memastikan bahwa hotel tempat Anda hendak menginap benar-benar sesuai harapan serta kebutuhan.

Dengan OTA, Anda bisa melihat informasi lengkap seputar hotel, baik itu foto, lokasi, hingga fasilitas hotel. Bahkan, jika memesan via Traveloka, Anda bisa mengetahui rating dan review dari tamu sebelumnya yang pernah menginap di hotel tersebut. Opini dari tamu lain tentu bisa membantu Anda untuk menentukan apakah hotel tersebut layak dipilih atau tidak.

4. Metode pembayaran yang komplet plus aman

Keuntungan lainnya saat mencari hotel lewat OTA adalah adalah proses pembayaran yang mudah. Dulu, metode pembayaran pemesanan hotel bisa dibilang terbatas, hanya bisa melalui kartu kredit atau datang langsung ke kantor cabang agen travel atau bayar langsung di hotel. Namun, semenjak kehadiran OTA, Anda dapat memilih metode pembayaran yang sesuai dengan keinginan.

Traveloka, sebagai OTA terbesar di Indonesia, menyediakan beragam proses pembayaran, seperti melalui ATM, transfer via mobile, atau bayar di Indomaret, sehingga Anda tak harus mutlak memiliki kartu kredit. 

Terlebih, beberapa OTA telah menggandeng payment gateway demi melindungi seluruh transaksi. Seperti Traveloka, yang telah bekerja sama dengan CyberSource, anak perusahaan Visa Inc. Data kartu kredit Anda dijamin rahasia dan aman, karena setiap kali Anda menggunakannya, data tersebut dienkripsi dan terisolir dalam bentuk token di server CyberSource. Untuk meyakinkan Anda, Traveloka bahkan memberikan jaminan 100% uang kembali apabila terjadi transaksi yang tidak Anda kenali.

5. OTA memiliki penawaran spesial yang mudah didapat dan rutin 

Berbeda dengan informasi seputar promo atau diskon dari pihak hotel yang cenderung sulit dijangkau dan diketahui, OTA justru terus memberi Anda kemudahan untuk mengetahui informasi seputar promo yang berlangsung. Anda bisa mengetahuinya hanya dengan mengecek situs resmi, akun media sosial, bahkan beberapa OTA akan memberi info ke kotak pesan e-mail Anda seputar promo yang sedang berlangsung.

Beberapa OTA juga punya penawaran rutin di hari-hari tertentu yang menguntungkan Anda. Traveloka misalnya, punya penawaran menarik tiap Senin yang dikenal dengan promo #ProMonday, berupa diskon hotel hingga 70% khusus untuk Anda para business traveler. Selain hari Senin, Traveloka juga punya promo diskon hotel khusus di hari Jumat, yaitu “Thank God It’s Friday” alias TGIF, yang kasih potongan tarif kamar hotel tertentu hingga 70%! Caranya juga mudah, Anda cukup berlangganan newsletter Traveloka. Dengan begitu, Anda tak perlu bersusah payah mencari-cari diskon karena promo-promo ini yang akan menghampiri Anda via email!

Lima keuntungan di atas buktikan bahwa OTA benar-benar telah mempermudah hidup Anda, terlebih saat hendak bepergian. Di era teknologi yang semakin canggih seperti sekarang ini, tak peduli jarak dan waktu, Anda dapat dengan mudah mencari hotel kapan dan di mana pun! (adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com