Lima Lokasi Perumahan Baru Paling Diburu di Tahun 2016

Kompas.com - 27/01/2016, 11:02 WIB


Pertumbuhan bisnis properti pada tahun 2015 yang lalu tidaklah secerah seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Berdasarkan laporan Triwulan-III 2015 Survey Harga Properti Residensial (SHPR) Bank Indonesia, menunjukan adanya perlambatan kinerja properti terutama pada sektor properti residensial.

Ekonomi yang lesu dirasa menjadi salah satu penyebab perlambatan pertumbuhan bisnis properti pada tahun 2015. Selain itu, seperti dikutip dari Kompas.com, perkembangan sektor properti di Indonesia sangat didominasi oleh kinerja pasar properti di Jakarta dan beberapa kota besar lainnya di Pulau Jawa, selama lebih dari tiga dekade. 

Namun, sejalan dengan berkembangnya kota-kota lain di luar Pulau Jawa, ditambah semakin tingginya harga lahan dan tingkat kompetisi di Jakarta, pengembangan properti telah semakin menyebar simultan. 

Meskipun cenderung berjalan lambat, properti residensial tetap menjadi pilihan utama bagi para penggarap pasar properti di tahun 2016 ini, dan pada kenyataannya krisis dan kelesuan ekonomi juga tidak terlalu berpengaruh terhadap penjualan properti. Hal ini didasari dengan kebutuhan masyarakat terhadap hunian tetap meningkat.

Banyaknya pengembang perumahan baru yang sudah bekerja sama dengan perbankan menawarkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) juga dinilai menjadi solusi dan mempermudah masyarakat mendapatkan hunian yang dibutuhkan.

Bagi para pengembang maupun Anda sendiri yang sedang mencari rumah, tentu saja pemilihan lokasi yang tepat menjadi salah satu faktor penting. Lalu lokasi perumahan baru di mana saja yang layak diburu sepanjang tahun 2016?

Dilansir oleh Lifull.id, berikut 5 lokasi perumahan baru yang paling layak diburu sepanjang tahun 2016:

  1. Tangerang Selatan

Wilayah Tangerang Selatan merupakan daerah yang terus berkembang. Perkembangan itu juga ikut menaikkan pasar properti yang berada di kawasan ini, khusunya perumahan baru. Daerah yang paling diminati adalah daerah Serpong, namun harga yang ditawarkan bisa lebih dari Rp 1 miliar. Selain itu, Bintaro, Pamulang dan Ciputat juga menjadi area potensial lainnya yang menawarkan perumahan baru.

  1. Depok

Perkembangan Kota yang terkenal dengan buah belimbing dewa ini tergolong sangat pesat. Ditunjang dengan aksesbilitas transportasi yang mudah ke wilayah Jakarta, seperti Jalan Tol, Kereta Rel Listrik hingga Bus Transjabodetabek yang terhubung dengan Koridor Transjakarta. Perumahan baru yang terdapat di Kota ini cukup banyak dengan kisaran harga yang berbeda. Tinggal disesuaikan kembali dengan bujet yang Anda miliki dan lokasi yang disukai.

  1. Bekasi

Wilayah yang satu ini termasuk paling diminati setiap tahunnya, dimana banyak pengembang yang menawarkan banyak perumahan baru dengan harga terjangkau. Letaknya yang juga berada di pinggiran Jakarta dengan kemudahan aksesbilitas membuat area seperti Mustika Jaya dan Rawa Lumbu penuh dengan perumahan baru menengah. Sementara di daerah utara Bekasi Anda masih bisa menemukan perumahan baru murah dengan kisaran Rp 100 -250 juta.

  1. Cibubur

Letaknya yang tidak jauh dengan Jakarta dan merupakan salah satu kawasan penyanggah, membuat kawasan Cibubur memang menjadi pilihan yang menarik. Rencana pembangunan Light Rapid Transit (LRT) yang sedang dibangun di kawasan ini, dinilai akan menjadi solusi kemacetan yang sering terjadi. Selain itu, tingginya permintaan akan perumahan baru di kawasan ini selalu meningkat setiap tahunnya. Namun, hal itu juga menyebabkan perumahan baru di Cibubur akan semakin tinggi karena ruang di kawasan ini akan semakin sempit.

  1. Bogor

Wilayah yang terkenal dengan sebutan Kota Hujan ini menawarkan banyak perumahan baru dengan harga murah. Beberapa area seperti di Citereup, Cibinong, Cilebut, Bojonggede, Parung, Cileungsi, dan Jonggol menjadi kawasan utama para pengembang rumah murah. Adanya transportasi massal seperti Kereta Rel Listrik (KRL) sangat membantu Anda yang menginginkan rumah murah namun harus beraktifitas di Jakarta dan Sekitarnya.

Nah, untuk memudahkan Anda mencari rumah di 5 lokasi tersebut bisa melalui Lifull.id! Lifull.id atau Lifull Rumah adalah situs properti di Indonesia yang merupakan bagian dari situs properti nomor 1 di Jepang. Fitur pencarian perumahan baru yang terdapat di Lifull.id tergolong lengkap dan menampilkan informasi terkini.

Mulai dari pencarian perumahan baru berdasarkan area atau map, hingga fitur pencarian berdasarkan kriteria populer, yang dapat menyaring perumahan dengan kriteria tertentu. Dalam mengoptimalkan fitur pencarian perumahan baru, Lifull.id telah bekerjasama dengan banyak pengembang perumahan baru di Indonesia. Total listing perumahan baru yang terdapat pada laman Lifull.id hingga kini berjumlah 517 list, dan akan terus bertambah setiap harinya.

Segera kunjungi Lifull.id dan temukan rumah impian Anda! (adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com