Advertorial

Tradisi Unik Merayakan Hari Valentine di Lima Negara

Kompas.com - 14/02/2016, 09:14 WIB

Meski banyak kontroversi mengenai perayaan Valentine, tetapi di beberapa negara tetap merayakan Valentine dengan caranya sendiri, bahkan perayaan tersebut bisa dibilang unik alias punya ciri khas sendiri.

Berikut ini adalah beberapa contoh negara yang merayakan Valentine dengan cara yang cukup unik yang mungkin belum kamu temui sebelumnya. Mungkin ini bisa menjadi inspirasi bagi kamu untuk merayakan hari kasih sayang bersama pasangan dengan cara yang tak biasa.

Filipina

Salah ciri khas Filipina adalah merayakan Valentine dengan nikah massal. Pada tanggal 14 Februari para pasangan di Filipina akan berkumpul pada satu tempat, seorang pendeta kemudian akan memimpin upacara pernikahan untuk mereka. Setidaknya ada ribuan pasangan ikut dalam acara ini, bahkan pada tahun 2012 kemarin, tercatat ada 2000 pasangan, termasuk di dalamnya pasangan yang sudah menikah dan ingin memperbarui sumpah pernikahan mereka.

Inggris

Di Inggris, Hari Valentine lebih banyak dirayakan oleh perempuan dan anak-anak. Biasanya para perempuan akan menyimpan beberapa helai daun di balik bantal di malam sebelum Hari Valentine. Ada pula yang membasuh daun-daun tersebut ke dalam air mawar sebelum disimpan. Dengan melakukan “ritual” tadi mereka percaya bahwa calon suaminya nanti akan hadir di mimpi mereka.

Untuk anak-anak, Hari Valentine dianggap sebagai hari di mana mereka akan mendapatkan permen dalam jumlah yang banyak. Sementara para pria akan memberikan sendok bersimbol khusus yang terbuat dari kayu yang diukir. Tradisi ini dianggap sebagai salah satu hadiah tradisional paling romantis di dunia.

Afrika Selatan

Di Afrika Selatan Hari Valentine dijadikan sebagai hari untuk mengungkapkan kekaguman. Para wanita akan memakai pin berbentuk hati yang bertuliskan nama laki-laki yang mereka kagumi. Sementara para lelaki tentu saja akan mencari tahu siapa wanita yang mengagumi mereka. Tradisi ini sebenarnya adalah tradisi Romawi Kuno yang bernama Lupercalia.

Perancis

Di Kota Paris, laki-laki dan perempuan single biasanya berkumpul pada sebuah rumah, saat Hari Valentine. Di sini, para laki-laki akan mencari perempuan yang disukainya. Jika tidak cocok, maka laki-laki tersebut akan mencari perempuan lainnya hingga dirasa benar-benar cocok. Di akhir acara, perempuan yang tidak ada pasangannya akan berkumpul di sekitar api unggun, mereka akan membakar foto lelaki yang telah mengecewakannya. Seru ya?

Korea Selatan

Perayaan Valentine di Korea Selatan bisa dibilang “lain dari yang lain”. Bedanya apa? Negeri ginseng ini melakukan perayaan Hari Kasih Sayang ini selama tiga bulan berturut-turut. Yakni pada tanggal 14 Februari, 14 Maret dan 14 April. Setiap tanggal 14 selama 3 bulan tersebut memiliki perayaan tersendiri. Tanggal 14 Februari sang perempuan menyatakan cinta kepada laki-laki, sebulan kemudian tepatnya hari putih (White Day), laki-laki membalas apa yang telah diberikan sang perempuan sebelumnya. Nah, kalau tanggal 14 April, giliran para jomblo yang merayakan Valentine, mereka akan memakai baju serba hitam dan memakan hidangan khas Korea, mi bersaus kental warna hitam, bernama Jajangmyeon dan minum kopi hitam. Pokoknya serba hitam, jadi hari ini disebut dengan “Hari Hitam”.

Lalu bagaimana di negara kita? Perayaan Valentine biasanya diisi dengan makan malam, nonton, tukar kado atau memberikan cokelat. Tidak ada bedanya dengan kencan biasa sebenarnya, namun momentumnya yang memang mengesankan. Bagi kamu yang belanja barang untuk diberikan kepada pasangan tersayang bisa mencari referensinya di Bukalapak. Apalagi sekarang ada Promo Valentine yang memberikan diskon hingga 60% plus kode voucher yang bernilai potongan harga 14%. Bagaimana cara mendapatkan voucher ini? Kamu bisa mendapatkannya dengan gratis lho, cukup klik disini: Diskon Hari Valentine 2016 di Bukalapak .

Diskon Valentine Bukalapak ini tak boleh kamu lewatkan, bukan hanya untuk yang sudah berpasangan saja, tetapi untuk para jomblo pun bisa mendapatkan voucher ini untuk membelikan hadiah kepada gebetan atau orang tua. Ingat, hanya pada tanggal 14 Februari ini saja, dan vouchernya terbatas lho! Yuk segera rebut voucher Valentine ini dari situs tempat jual beli online terpercaya Bukalapak. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com