Gallup Anugerahi BCA sebagai Perusahaan dengan Lingkungan Kerja Positif

Kompas.com - 19/02/2016, 08:19 WIB

Perusahaan konsultan strategis, Gallup, memberi penghargaan kepada perusahaan di seluruh dunia yang berhasil mengembangkan serta membangun lingkungan kerja yang positif dan kondusif melalui Gallup Great Workplace Award (GGWA) 2015.

Pada tahun kedelapan penyelenggaraannya, Gallup menyeleksi ketat beberapa perusahaan dari seluruh dunia. Dari proses seleksi tersebut, terpilih 40 perusahaan sebagai pemenang GGWA 2015. Pemenang untuk tahun 2015 berpusat di berbagai negara, seperti Kanada, China, Inggris, Amerika Serikat, India, Belanda, Singapura, Thailand, Uni Emirat Arab, dan tak ketinggalan, Indonesia.

Perusahaan asal Indonesia yang berhasil meraih penghargaan ialah PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Sejak GGWA dimulai pada tahun 2007, BCA berhasil menjadi perusahaan asli Indonesia yang pertama meraih penghargaan ini.

Gallup menilai BCA dapat menumbuhkan kebiasaan yang kokoh. Kesuksesan bank ini dipengaruhi peningkatan kerja. Strategi BCA yang dilakukan adalah dengan menjadikan keterlibatan karyawan (employee engagement) dan keterlibatan nasabah (customer engagement) sebagai kebiasaan.

BCA mampu menciptakan lingkungan yang mendorong kebiasaan keterlibatan dengan berbagai strategi, di antaranya menyeimbangkan karyawan baru dengan karyawan lama. Karyawan lama diberi pengarahan untuk dapat menjadi inspirasi positif bagi karyawan baru. Sedangkan karyawan baru dapat memberi ide kreatif sesuai zaman.

Gallup juga melihat BCA dapat memperkuat bimbingan dan pembelajaran secara terus-menerus kepada semua karyawannya. Penelitian Gallup di BCA menunjukkan, pembimbingan memiliki dampak menyebar. Orang yang mendapatkan bimbingan lebih mungkin akan membimbing orang lain dibandingkan orang yang tidak mendapatkan bimbingan.

Dengan penghargaan GGWA, BCA masuk dalam jajaran 10 persen perusahaan teratas di seluruh dunia dalam Basis Data Keterlibatan Karyawan Gallup, sekaligus jajaran 20 persen bank teratas di seluruh dunia dalam Basis Data Keterlibatan Pelanggan Keuangan dan Asuransi Gallup.

Nilai-nilai lain dari BCA terkait pembentukan lingkungan kerja positif yang berhasil mengantar BCA meraih penghargaan dari Gallup dapat dilihat di www.bca.co.id. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com